SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kapten tim nasional Indonesia, Evan Dimas Darmono (6) meluapkan kegembiraan usai mencetak gol.

Solopos.com, SOLO – Bentrokan Indonesia U-19 kontra Laos U-19 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Selasa (8/10/2013) malam WIB, akan mengawali persaingan kualifikasi Piala AFC U-19 2014 di Grup G. Duel kedua tim diprediksi akan berlangsung seru, seiring tipikal permainan keduanya yang tak jauh berbeda, yakni sama-sama militan alias ngotot.

Dilansir Antaranews.com, baik Garuda Muda, julukan Indonesia U-19, maupun Laos U-19 sama-sama punya kecepatan menggelontorkan serangan, sama-sama punya sejumlah ujung tombak yang siap menerjang lini pertahanan lawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Punggawa Garuda Muda di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri menyiapkan sederet pemain dengan naluri haus gol. Sebut saja, Evan Dimas, Ilham Udin, Muchlis, dan Maldini. Keempat pemain ini tampil tokcer meraih gelar Piala AFF U-19.

Organisasi lapangan tengah Indonesia U-19 terus berotot menyuplai bola dan mematikan pergerakan gelandang-gelandang lawan utamanya.
Menghadapi Laos, bukanlah pekerjaan yang mudah. Punggawa Laos U-19 di bawah asuhan pelatih Chandalaphone Liepvisay juga punya amunisi berhulu ledak. Sebut saja, Lembo Saysana, Phithack Kongmathilath, Souksavanh Somsanith, Bounthavy Sipasong, dan Soukchinda Natphasouk.

Rata-rata gladiator Laos ini mengandalkan kecepatan, kemampuan individu, kejelian dan ketajaman beroperasi dari lini sayap, dan tentunya punya taji dalam melakukan penyelesaian akhir.

Untuk menghentikan dan menghalau agar pergerakan pemain Laos U-19 tidak berpesta pora di lini tengah, hanya ada satu jalan bagi Indonesia U-19 yakni memainkan pola operan-operan pendek dan cepat.

Komentar dua pelatih:
Indra Sjafri (Indonesia U-19):
“Kami tuan rumah, sudah saatnya memanfaatkan dukungan penuh masyarakat yang sungguh luar biasa. Untuk babak kualifikasi ini, kemungkinan kami tidak akan mengubah the winning team. Tidak ada perubahan pada skuat yang ada, saya akan mempertahankannya.”
“Pada prinsipnya, saya tidak mengedepankan pemain bintang. Saya butuh pemain yang bisa bermain untuk tim. Saya memimpin langsung latihan mereka, jadi semua pemain dalam kondisi siap menghadapi laga kualifikasi. Atmosfer SUGBK akan sangat mendukung, begitu juga kondisi lapangan.”

Chandalphone Liepvisay (Laos U-19):    
“Ini grup berat namun kami sudah melihat beberapa lawan di Piala AFF. Indonesia tim yang bagus dan akan mendapat dukungan penuh dari suporter.”
“Saya kira kapten Indonesia (Evan Dimas) sangat bagus, begitu juga dengan winger kiri (Ilham Udin Armaijn), dan saya tekankan kepada para pemain agar jangan takut.”

Prakiraan susunan pemain:
Indonesia U-19 (4-3-3):
Ravi (penjaga gawang), Fatchu, Yama, Sahrul, Putu Gede, Evan Dimas, Hargianto, Zulfiandi, Ilham Udin, Muchlis, Maldini.
Pemain cadangan:
Rully, Febly, Mahdi, Fahri, Dimas Sumantri, Dio Permana, Paulo Oktavianus, Hendra Sandi, Dimas Drajad, Dinan, Yabes Roni, Angga, Febriyanto

Laos U-19 (4-4-2):
Niphavong (penjaga gawang), Keola, Khampaseut, Kettavong, Seangdounphachan, Sithanong, Saysana, Natphasouk, Dalavong, Sihavong, Kongmathilath.
Pemain cadangan:
Sibaounheung, Sipasong, Phantavong, Sihalath, Phetthaphone, Sayskongkham, Noyvog, Sayalath

Head to head:
8 Sept 2013 – Indonesia 3-3 Laos (AFF U-19)

Lima pertandingan terakhir:
Indonesia U-19:
22 Sept 2013 – Indonesia 0-0 Vietnam (AFF U-19)
20 Sept 2013 – Indonesia 2-0 Timor Leste (AFF U-19)
18 Sept 2013 – Indonesia 1-1 Malaysia (AFF U-19)
16 Sept 2013 – Indonesia 3-1 Thailand (AFF U-19)
14 Sept 2013 – Indonesia 1-3 Vietnam (AFF U-19)

Laos U-19:
22 Sept 2013 – Laos 2-4 Timor Leste (AFF U-19)
20 Sept 2013 – Vietnam 1-0 Laos (AFF U-19)
15 Sept 2013 – Timor Leste 3-1 Laos (AFF U-19)
13 Sept 2013 – Laos 3-0 Singapura (AFF U-19)
11 Sept 2013 – Kamboja 1-3 Laos (AFF U-19)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya