SOLOPOS.COM - Gareth Bale melakukan selebarasi setelah membukukan satu gol dalam laga debutnya di Real Madrid melawan Villareal. (JIBI/Reuters/Heino Kalis)

Solopos.com, ISTANBUL — Real Madrid menghabiskan 600 juta euro atau Rp9,14 triliun lebih untuk belanja pemain dalam lima tahun terakhir. Tapi ambisi Madrid merengkuh trofi Liga Champions ke-10 masih selalu kandas di tengah jalan.

Gelar ke-10 yang biasa disakralkan dengan sebutan La Decima seolah justru berbalik seperti kutukan bagi tim berjuluk Los Blancos. Meski berkali-kali mencoba membeli pemain dengan harga selangit, Madrid belum bisa mewujudkan impian yang dibangun sejak 11 tahun terakhir itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dana gila-gilaan selama lima tahun terakhir itu memang belum terbukti bisa mengantarkan Madrid merengkuh La Decima. Meski demikian, Los Merengues, julukan lain Madrid, sepertinya tidak kapok. Buktinya mereka kembali jor-joran dengan merekrut Gareth Bale dengan dana 100 juta euro alias Rp1,52 triliun pada musim panas ini. Presiden Madrid, Florentino Perez, juga menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai pemain bergaji tertinggi di dunia melalui pendatanganan kontrak barunya hingga akhir musim 2017/2018.

“Santiago Bernabeu [mantan presiden Madrid] menunjukkan kepada kami ini harus selalu menjadi tim yang diperhitungkan sebagai tim terbaik. Ini salah satu identitas kami dan bersama Ronaldo kami punya yang terbaik,” beber Perez, dilansir Reuters, Senin (16/9/2013).

Klub raksasa Spanyol itu pun kembali mengejar taget yang sama pada Liga Champions 2013/2014. Madrid bakal mengawali kompetisi antarklub terakbar di Benua Biru  musim ini, dengan terbang ke Istanbul, Turki untuk menantang Galatasaray pada laga pembuka Grup B di Ali Sami Yen Arena, Rabu (18/9/2013) pukul 01.45 WIB (disiarkan langsung SCTV).

Bale dan Ronaldo dipastikan bakal turun di Istanbul. Dua pemain termahal di dunia itu, masing-masing menyumbang sebiji gol ketika Madrid ditahan imbang 2-2 Villarreal pada La Liga, akhir pekan kemarin.

Manajer baru Madrid, Carlo Ancelotti, juga bakal membawa bek Alvaro Arbeloa yang mengalami problem kebugaran saat melawan Villarreal. Skuat Madrid hanya minus gelandang Xabi Alonso, yang belum sembuh dari cedera kaki kanannya.

Di sisi lain, Madrid bisa mengandalkan pengalaman Ancelotti di panggung Eropa sebagai faktor untuk mengantarkan Sergio Ramos dkk sukses di kompetisi Eropa. Suksesor Jose Mourinho itu pernah mengecap gelar tertinggi di Benua Biru pada 2003 dan 2006 bersama AC Milan. Bersama klub yang sama, Ancelotti juga mengkat Big Ears, sebutan trofi Liga Champions, sebagai pemain pada 1989 dan 1990.

Sementara Galatasaray bakal memulai pertarungan di Liga Champions dengan berbekal start mengecewakan di liga domestik musim ini. Pada Jumat (13/9), anak asuh Fatih Terim ditahan imbang 1-1 Antalyaspor.

“Kami tidak pernah suka kehilangan poin namun laga lawan Real Madrid akan sangat berbeda. Di markas kami dan di depan fans, saya pikir kami akan mencuri keuntungan dari  tekanan Ali Sami Yen Arena yang terkenal itu,” beber Terim.

Terim bakal mengandalkan Didier Drogba sebagai senjata utama lini depan timnya. Mantan striker Chelsea tersebut mencetak skor penyeimbang ketika melawan Antalyaspor. Drogba akan diduetkan dengan Burak Yilmaz, yang menjadi top scorer Liga Turki dalam dua musim terakhir. Selain itu, Terim bisa mengandalkan winger barunya, Bruma, untuk menyuplai bola kepada dua striker utamanya tersebut di pertarungan nanti.

Markas Galatasaray selalu menjadi tempat yang sulit bagi Madrid. Baru di musim lalu, mereka takluk 2-3 di Ali Sami Yen Arena pada leg kedua babak perempat final. Beruntung, Los Blancos masih bisa lolos ke semifinal setelah berbekal kemenangan 3-0 di Bernabeu.

 

Prakiraan Starting XI

Galatasaray: Muslera, Eboue, Chedjou, Nounkeu, Riera, Felipe Melo, Inan, Amrabat, Sniejder, Yilmaz, Drogba

 

Real Madrid:Casillas, Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo, Khedira, Modric, Isco, Ronaldo, Bale, Benzema

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya