SOLOPOS.COM - Antonio Conte dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, FIRENZE — Sejarah mencatat, Juventus menjadi rival terpahit bagi Fiorentina. Tapi pasukan Antonio Conte diprediksi tidak akan merebut poin dengan mudah ketika bertandang ke Stadion Artemio Franchi, Firenze, Minggu (20/10/2013) pukul 20.00 WIB (disiarkan langsung TVRI).

Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, Si Nyonya Tua, julukan Juventus, tidak terkalahkan ketika berlaga di markas Fiorentina. Tim yang bercokol di Kota Turin tersebut, berulang kali memberi rasa getir bagi pendukung La Viola, julukan Fiorentina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti ketika Juventus masih ditangani Giovanni Trapattoni pada era 1980-an. Saat itu, sebuah penalti kontroversial dan gol yang dianulir, membuat Juventus mengalahkan Fiorentina, dan membuat pasukan Trapattoni memastikan gelar scudetto pada musim 1981/1982.

Fiorentina juga belum melupakan kekalahan agregat 1-3 melawan Juventus di Piala UEFA 1990. Pada hari tersebut, Roberto Baggio sekaligus mengumumkan menanggalkan kostum La Viola untuk berganti mengenakan jersey Bianconeri, yang disebut-disebut pendukung Fiorentina sebagai sebuah pengkhianatan besar.

Tak ayal, rivalitas panjang di masa lalu itu, bakal ikut serta memanaskan pertemuan terbaru kedua tim, saat turun di giornata kedelapan Seri-A di Artemio Franchi. Hanya, konsentrasi masing-masing tim terancam pecah, karena medio pekan depan mereka juga harus berlaga di level Eropa.

Sekitar empat hari setelah bentrok di Firenze, Juventus bakal melawat ke kandang Real Madrid di lanjutan Grup B, Liga Champions. Andrea Pirlo dkk memiliki tanggung jawab besar untuk memenangi duel akbar itu, menyusul kegagalan mereka menang di dua partai sebelumnya di Grup B. Namun, ketakutan akan pecahnya konsentrasi Juventus langsung dibantah Conte.

“Real Madrid tidak menarik perhatianku. Saya tidak bermaksud kasar, namun saat ini satu-satunya hal yang kami pikirkan adalah Fiorentina,” jelas Conte, dilansir Football Italia, Sabtu (19/10/2013).

Conte menegaskan pertarungan kontra Fiorentina tetap menjadi duel penting bagi timnya. Tak mengherankan, sang allenatore begitu berang ketika mengetahui Arturo Vidal terlambat datang ke markas tim, setelah membela Timnas Chile di kualifikasi Piala Dunia 2014.

“Saya belum bicara dengan Vidal, namun saya harus tahu mengapa dia bisa sangat terlambat. Dia tidak mengikuti latihan kemarin.”

Sementara itu, La Viola berusaha bangkit dari kegagalan mereka memetik poin penuh di dua laga kandang sebelumnya. Meski medio pekan depan anak didik Vicenzo Montella juga harus turun di Liga Europa, tapi kesempatan untuk memecundangi Juventus tentu tak mau mereka lewatkan.

“Kami melewati dua laga kandang yang buruk ketika melawan Cagliari (1-1) dan Parma (2-2). Sekarang, saya memikirkan gol ke gawang Juventus,” jelas striker Fiorentina, Giuseppe Rossi, yang telah mengoleksi enam gol di Seri-A musim ini.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Fiorentina : Neto; Tomovic, Rodriguez, Savic; Cuadrado, Ambrosini, Borja Valero, Aquilani, Pasqual; Joaquin, Rossi

Out: Mario Gomez, Ahmed Hegazy, Ante Rebic (cedera). Diragukan: David Pizarro.

 

Juventus : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Padoin, Pogba, Pirlo, Marchisio, Asamoah; Tevez, Giovinco

Out: Fabio Quagliarella (cedera). Diragukan: Mirko Vucinic, Simone Pepe, Martin Caceres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya