SOLOPOS.COM - Timnas Spanyol. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, HELSINKI — Langkah juara dunia Spanyol menuju Piala Dunia 2014 di Brazil bakal menjadi berat apabila mereka tidak bisa membawa pulang poin penuh ketika bertemu Finlandia di Stadion Helsingin Olimpia, Helsinki, Sabtu (7/9/2013) dini hari WIB (disiarkan langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Pasukan Vicente del Bosque memang belum pernah kalah dalam lima laga di Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa. Akan tetapi, Spanyol yang menempati puncak klasemen sementara Grup I dengan mengoleksi 11 poin, hanya unggul satu poin dari Prancis yang menempel mereka di peringkat kedua. Tak ayal, tim juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 dan 2012 membidik poin penuh ketika bertamu ke Finlandia, Sabtu dini hari WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedua tim memiliki posisi kontras di ranking dunia. Finlandia yang menempati ranking 65 dunia terpaut jauh dari Spanyol yang menguasai puncak. Namun Spanyol, pernah merasakan sendiri bagaimana sulitnya menaklukkan tim asal Skandinavia tersebut.

Dalam pertemuan pertama mereka di Grup I, Finlandia secara mengejutkan mampu menahan imbang La Furia Roja, julukan Spanyol, dengan skor 1-1 di Stadion Municipal El Molinon, Gijon, Maret lalu. Gol Sergio Ramos di menit ke-49 mampu disamakan pemain Finaldia, Teemu Pukki hanya selang 11 menit menjelang laga berakhir.

“Jelas, Finlandia adalah tim yang bisa mengejutkan kami karena mereka menutup ruang mereka sejak menit pertama, meski mereka tidak mengkreasi banyak peluang mencetak gol,” beber Ramos, dilansir Soccerway, Kamis (5/9).

Setali tiga uang, gelandang serang Spanyol, Cesc Fabregas, mengingatkan rekan-rekan setimnya untuk tidak lengah melawan Finlandia. Pemain Barcelona yang acap kali dimanfaatkan Del Bosque sebagai false nine alias penyerang palsu di ujung tombak La Furia Roja tersebut meminta agar rekan-rekannya tidak kelewat percaya diri.

“Kami tidak akan percaya diri berlebihan melawan sebuah tim seperti Finlandia, tidak sama sekali. Kami mendapatkan pengalaman dalam laga di Gijon dan itu sesuatu hal yang mesti Anda pelajari,” tutur Fabregas yang telah mengoleksi 83 cap bersama Timnas Spanyol, dilansir Reuters.

Spanyol hanya sekali menelan kekalahan dalam tujuh pertemuan terakhir kontra tim berjuluk Eagle-Owl tersebut, yakni pada Kualifikasi Piala Dunia di 1969. Rapor bagus pertemuan kedua tim, bakal dipertahankan pasukan Del Bosque di Helsinki.

Sayang, La Furia Roja dipastikan tidak menurunkan skuat terbaiknya. Gelandang Sergio Busquets, Xabi Alonso dan Javi Martinez dipastikan absen karena cedera. Gelandang Madrid, Isco juga diragukan bisa turun karena persoalan sama. Mau tak mau, posisi lini tengah Tim Martador bakal dipercayakan Javi Garcia dan Mario Suarez.

Pertahanan tim tamu juga terancam keropos tanpa kehadiran Gerard Pique yang menjalani suspensi. Tapi Del Bosque bisa mempercayakan Raul Albiol untuk dipasangkan dengan Ramos di jantung pertahanan timnya. Opsi lainnya, Ramos akan dipasangkan dengan Ignacio Fernandez, sedangkan Albiol digeser sebagai bek sayap.

Finlandia juga tidak dalam kondisi fullteam. Gelandang mereka, Perparim Hetemaj, dari Chievo Verona, tak bisa membela negaranya di Helsinski karena menjalani hukuman. Padahal hasil kemenangan mereka butuhkan demi mengamankan diri lolos ke putaran final Piala Dunia untuk kali pertama dalam sejarah tim Skandinavia itu.

“Spanyol tahu kami bisa membuat mereka sangat kesulitan, kami bisa menyerang mereka. Namun [pertemuan] ini jelas seperti David dan Goliath, apapun yang terjadi di Gijon sudah menjadi bagian masa lalu,” jelas pelatih Finlandia, Mixu Paatelainen.

Prakiraan Starting XI

Finlandia (4-4-2)

Maenpaa; Raitala, Moisander, Toivio, Arkivuo; Sparv, Tainio, Eremenko, Ring; Hamalainen, Pukki

Spanyol (4-5-1)

Casillas; Nacho Monreal, Arbeloa, Ramos, Albeol ; Iniesta, Mario Suarez, Javi Garcia, Xavi, Pedro; Fabregas

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya