SOLOPOS.COM - Timnas U-19. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 meraih modal berharga dalam laga perdananya pada kualifikasi Piala AFC U-19 Grup G. Kini skuat Garuda Muda, julukan Indonesia U-19, bertekad mempertahankan momentum itu saat menghadapi Filipina pada laga kedua di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Menghadapi Vietnam di laga perdana, Indonesia menang dengan skor telak 4-0. Namun, hasil ini belum cukup membuat Indonesia mengamankan tiket ke putaran final AFC U-19 2014.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelatih Indonesia U-19, Indra Sjafri, meminta timnya tetap fokus menjalani seluruh laga kualifikasi. Kemenangan atas Laos diharapkan menjadi pemicu untuk meraih hasil maksimal di dua laga tersisa, yakni melawan Filipina dan Korea Selatan (Korsel).

“Kalau ingin lolos ke putaran final, syaratnya harus menang semua pertandingan. Untuk meraih itu dibutuhkan semangat bermain yang tinggi. Kami melihat semua pemain sudah siap,” ujar Indra dilansir Antara, Rabu (9/10/2013).

Demi mewujudkan ambisinya ini, mantan pelatih klub PSP Padang itu berencana melakukan perombakan kecil dalam skuatnya saat menghadapi Filipina. Ini dilakukan demi mendapat performa tim yang lebih baik.

Kemungkinan besar, rotasi pemain akan dilakukan disektor tengah. Maldini yang sebelumnya masuk tim ini, kemungkinan akan digantikan dengan Yabes Roni Malaifani. Pemain asal NTT ini merupakan tenaga baru timnas setelah turun di Piala AFF beberapa waktu lalu.

“Untuk mental saya kira sudah tidak ada masalah. Mereka hanya kaget setelah penontonnya sedikit jika dibandingkan saat bermain di Sidoarjo (Piala AFF). Kami berharap semua pemain bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya,” imbuh Indra.

Sementara itu, Filipina yang kalah telak 0-4 dari Korsel di pertandingan pertama tidak ingin mengalami kekalahan kedua. Anak asuh Marlon Manos Maro bahkan akan memberikan kejutan pada tuan rumah Indonesia.

“Indonesia adalah tim yang bagus. Tapi kami sudah melihat pola permainannya sejak Piala AFF lalu. Yang jelas kami sudah siap untuk menghadapi tuan rumah,” katanya.

Jika dilihat dari pola permainan saat menghadapi Korsel, Filipina menerapkan pola bertahan dan sesekali melakukan serang balik dengan cepat. Ada beberapa pemain yang memiliki kecepatan dan skill yang bagus di antaranya Nikko Ralph De Arce Benedicto.

Dengan pola bertahan yang diperagakan Filipina, besar kemungkinan Timnas Indonesia akan sulit mengembangkan permainan. Namun, berbekal pemain berpengalaman seperti Ilham Udin Armaiyn, Paulo Oktavianus, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh peluang Indonesia meraih hasil maksimal cukup besar.

Prediksi Susunan Pemain :
Filipina : Ronila JR Vallez Bayan, Amani Manuel Santos Aguinaldo, Jay-R Jalipa Bucayan, Junell mark Francia Bautista, Julian Mariano Noda Clarino, Jimson Elises Crestal, Valentino Barot Calvo, Nikko Ralph de Arce Benedicto, David Angelo Ramos Dimante, Carmelo Vicente Ruiz Genco, Daniel Bernan Reyes Gadia

Indonesia : Ravi Murdianto; Putu Gede, Muhammad Fatchu Rochman, Muhammad Sharul Kurniawan, Hansamu Yama Pranata; Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto, Maldini, Zulfiandi, Ilham Udin Armaiyn; Muchlis Hadi Ning Syaifulloh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya