SOLOPOS.COM - Nil Maizar/(JIBI/Bisnis)

Solopos.com, RIO DE JANEIRO—Prediksi Brasil vs Jerman mengunggulkan Jerman dalam laga semifinal Piala Dunia 2014, Rabu (9/7.2014). Berikut ini analisis pengamat: (Baca Juga Prediksi Brasil vs Jerman, Brasil Unggul 2-1, Line Up, Analisis Jerman vs Brasil)

Analisis Nil Maizar, Eks pelatih Timnas Indonesia & Pelatih Pusam Samarinda
Gol Cepat Penentu Laga

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Menyaksikan duel Brasil kontra Jerman di Belo Horizonte, Rabu (9/7) dini hari WIB, bak menonton final Piala Dunia yang kepagian. Siapa yang mampu lolos dalam laga ini kemungkinan besar bakal tampil sebagai jawara di Brasil 2014.

Kedua tim memang memiliki kans besar untuk bisa merengkuh trofi. Brasil yang mendapat dukungan penuh tuan rumah, memiliki skill individu permainan yang terbilang apik.

Sementara, Jerman memang tak terlalu diunggulkan dalam skill individu. Namun Tim Panser memiliki keunggulan dalam organisasi permainan.

Jadi laga antara Brasil dan Jerman ini tak hanya seputar perebutan tiket ke final. Saya juga melihat laga ini sebagai pertarungan skill individu dengan organisasi permainan yang mumpuni.

Laga ini sudah pasti akan memberikan persaingan yang ketat. Peluang kedua tim memenangi laga masih terbilang sama besar atau fifty-fifty.

Namun, siapa yang akan memenangi laga ini kuncinya ada pada yang mampu mencetak gol lebih dulu. Jika Brasil yang mampu unggul lebih dulu, maka pasukan Luiz Felipe Scolari inilah yang akan menjadi pemenangnya.

Namun, sebaliknya jika Jerman yang mampu mencetak gol lebih dulu, merekalah yang akan keluar sebagai pemenang. Apalagi jika mampu unggul lebih dulu, Jerman jelas sulit dibalas. Der Panzer memiliki lini belakang yang kukuh, serta dukungan kiper terbaik dunia, Manuel Neuer.

Sementara itu, absennya Neymar dan Thiago Silva di kubu Brasil, tampaknya tak akan memberi pengaruh besar. Absennya Neymar dan Silva akan mampu ditutupi Brasil dengan dukungan penuh para pendukung mereka.

Absennya keduanya justru akan memberikan motivasi tambahan bagi skuat Selecao untuk mengalahkan Jerman. Mereka akan termotivasi untuk memberikan penampilan terbaiknya, meski tak didukung dua pilar utamanya.

Sementara, untuk formasi tim, baik Brasil maupun Jerman, saya rasa akan kembali mengandalkan the winning team-nya. Jerman masih akan mengandalkan peran Mats Hummels di posisi belakang, Mesut Ozil di tengah, dan Thomas Mueller di depan.

Sedang, Brasil mungkin akan sedikit mengalami perubahan posisi, terutama di lini depan yang ditinggalkan Neymar. Namun, untuk menggantikan Neymar, Scolari sepertinya tak perlu bingung.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya