SOLOPOS.COM - Para pemain Barcelona merayakan kemenangan seusai mengalahkan Madrid. (JIBI/Reuters/Gustau Nacarino)

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona sedang dalam performa terbaik mereka ketika menjamu Espanyol di Nou Camp, Barcelona, Sabtu (2/11/2013) pukul 02.30 WIB (disiarkan langsung RCTI). Tak salah apabila pasukan Gerardo “Tata” Martino diprediksi bakal menang mudah pada bentrok di jornada ke-12 La Liga musim ini.

Barcelona dan Espanyol merupakan tim yang sama-sama bercokol di Catalan. Namun nasib keduanya bak bumi dan langit. Tengok saja lemari trofi keduanya. Di liga domestik, Barcelona menyimpan 22 trofi La Liga sedangkan Espanyol belum pernah merasakan gelar ini sekalipun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Barcelona pun sangat dominan dalam pertemuan kedua tim. Dalam tiga dekade terakhir, Espanyol hanya mampu mencuri satu kemenangan di Nou Camp ketika mengempaskan Barca 2-1 pada Februari 2009.

Agaknya, superioritas Los Cules, julukan Barcelona, itu akan berlanjut. Penampilan Lionel Messi dkk. saat ini sedang bagus-bagusnya. Dua laga terakhir, telah membuktikan penampilan anak asuh Martino tidak banyak mengalami masalah. Seusai menggempur musuh bebuyutan mereka, Real Madrid dengan skor 2-1 di Nou Camp, akhir pekan lalu, Barca membantai Celta Vigo tiga gol tanpa balas, medio pekan ini.

Seusai timnya mengandaskan Celta, Martino, langsung memuji penampilan trio gelandangnya, Sergio Busquets, Alex Song dan Cesc Fabregas. Ketiga gelandang itu dipasang sejak awal dan membuat lini tengah Blaugrana sangat solid.

“Kami menvariasi format kami dan kami memainkan Song lebih dekat dengan Busquets, yang membuat Cesc mendapatkan keleluasaan,” beber Martino, dilansir fcbarcelona.com, Kamis (31/10).

Satu-satunya hal yang mungkin bisa menghambat Barcelona adalah faktor kelalahan. Tiga laga dalam kurun waktu hanya sekitar sepekan, bisa menggerus stamina Lionel Messi dkk. dalam duel nanti.

Selain itu, El Barca juga perlu berhati-hati karena rival tetangganya itu pernah membuat jantung publik Nou Camp seolah berhenti, saat bentrok keduanya berakhir imbang 2-2 pada musim 2006/2007. Upaya pemain Espanyol, Raul Tamudo, pada menit ke-90 pada pertandingan itu, membuat Barcelona harus melupakan gelar La Liga yang terpaksa jatuh ke tangan Real Madrid.

Defender Barcelona, Adriano, diragukan bisa turun di Derby Catalan. Dia menderita cedera hamstring setelah membela klubnya melawan Celta, Rabu (30/10) dini hari WIB.

Sementara Espanyol kemungkinan akan mengandalkan Thievy Bifouma setelah pemain Prancis itu bermain bagus ketika timnya menahan imbang Malaga tanpa gol, pertengahan pekan ini. Di barisan belakang, Espanyol bisa menggunakan servis Diego Cotto. Sayangnya, striker mereka Jhon Cordoba, masih berjuang dengan cedera otot dan diragukan bisa turun di Derby Catalan.

“Kami semua paham berapa pentingnya derby di Barcelona. Kami akan ke Nou Camp dan berusaha untuk tampil habis-habisan. Kami akan bermain intensif dan bersaha tetap fokus selama 90 menit. Ini tidak akan mudah, tapi itu bukan hal mustahil,” beber kiper Kiko Castilla.

Prakiraan Startimg XI

Barcelona: Valdes; Alves, Mascherano, Pique, Montoya; Busquets, Fabregas, Xavi; Iniesta, Messi, Neymar

Espanyol: Casilla; Colotto, Moreno, Sidnei, Fuentes; Sanchez, Lopez, Simao; Stuani, Garcia, Bifouma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya