SOLOPOS.COM - Para pemain Barcelona merayakan gol Alexis Sanchez yang mengantarkan timnya menang dramatis atas Sevilla 3-2 di Camp Nou, Minggu (15/9/2013) dini hari WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Gustau Nacarino

Solopos.com, BARCELONA — Sulit dipercaya, pertarungan Barcelona kontra Ajax Amsterdam pada pembuka Grup H Liga Champions 2013/2014, bakal menjadi pertemuan pertama kedua tim di panggung elite Benua Biru.

Tingkat partisipasi dua klub itu di kompetisi antarklub terkaya di Eropa tersebut sangatlah tinggi. Akan tetapi, Barca dan Ajax baru akan mendapatkan kesempatan untuk saling bertanding di level tertinggi di Benua Biru, ketika mereka turun di laga pembuka Grup H di Nou Camp, Barcelona, Kamis (19/9/2013) pukul 01.30 WIB (disiarkan langsung SCTV).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertarungan langka ini semakin menggugah rasa penasaran publik karena kedua tim memiliki ikatan historis yang kuat. Tidak sedikit mantan pemain Ajax Amsterdam juga pernah mengenakan kostum Raksasa Catalan. Sebut saja Johan Cruyff yang pernah menjadi pelatih dan manajer di kedua tim itu, hingga mantan pemain Ajax, Louis van Gaal, yang pernah membesut Barca dan tim rakasas Belanda.

Isu tak sedap memang sempat menerpa Cruyff. Sang legenda dikabarkan tidak akur dengan presiden Barca saat ini, Sandro Rosell. Bahkan pria yang pernah mengantarkan Barca memenangi Piala Champions 1992 itu sempat mengucap sumpah serapah tidak akan menginjakkan kakinya di Nou Camp, sebelum Rosell lengser dari kursi jabatannya.

Hanya rumor itu sepertinya berusaha diredam. Seperti dilansir as.com, Selasa (17/9/2013), Cruyff dikabarkan mendapatkan undangan makan malam dari kubu Barca menjelang perhelatan di Nou Camp. Tapi toh gereget bentrok pembuka Liga Champions di musim ini sepertinya tidak bakal terpengaruh apabila Cruyff sampai menolak ajakan Raksasa Catalan.

Pertarungan di Grup H akan tetap membara, sebab dihuni empat tim yang pernah menyabet mahkota Liga Champions. Selain Barca dan Ajax, grup neraka ini juga diisi tim juara Eropa, AC Milan dan Celtic. Masing-masing anggota grup ini, menempatkan setiap laga sebagai pertandingan yang sangat menentukan langkah mereka menembus fase knock out.

“Ini grup yang sulit, namun kami tahu itu akan bermasalah. Sangat sulit memenangi Liga Champions, akan sulit sejak awal,” beber mega bintang Barca, Lionel Messi kepada uefa.com, dilansir Soccerway, Selasa.

Bentrok di Nou Camp, Kamis dini hari WIB, sekaligus bakal menjadi debut manajer baru Barca, Gerardo “Tata” Martino di Liga Champions. Manajer berdarah Argentina itu langsung diadang sejumlah masalah pada lemahnya pertahanan tim dan insting pembunuh di muka gawang.

Pertandingan kontra Sevilla di La Liga, akhir pekan lalu, menjadi bukti penampilan anak asuh Martino belum konsisten. Blaugrana, julukan Barcelona, dikejutkan dua gol Sevilla di lima menit terakhir untuk menjadikan kedudukan imbang 2-2. Beruntung gol telat Alexis Sanchez mampu menjadikan Barca kembali unggul 3-2.

Celakanya, tuan rumah dipastikan tidak akan diperkuat bek sentral Jordi Alba yang cedera saat turun melawan Sevilla. Adapun Ajax tidak akan diperkuat sang kapten dan gelandang Siem de Jong karena cedera.

 

Ajax dipastikan akan mendapatkan tantangan berat di markas Barca. Selama 2013, Gerard Pique dkk hanya kalah dua kali di Nou Camp, yakni ketika menjamu Bayern Munich dan Real Madrid. Hanya, pelatih Ajax saat ini, Frank de Boer, bukanlah orang awam di Nou Camp. Dia cukup berpengalaman bermain di markas Barca, mengingat pria asal Belanda ini pernah bermain untuk Raksasa Catalan dan mengangkat gelar La Liga pada 1999.

“Jika Messi melihat gambar-gambar kami, saya ragu dia akan khawatir. [Tapi] kami punya banyak keberuntungan bagus,” tandas De Boer, dilansir Reuters.

 

Prakiraan Starting XI

Barcelona (4-5-1) Pelatih Gerardo Martino

Valdes; Alves, Pique, Mascherano, Correia; Tello, Havi, Busquets, Iniesta, Neymar; Messi

 

Ajax (4-3-3) Pelatih Frank de Boer

Vermeer; Van Rhijn, Moisander, Denswil, Boilesen; Duarte, Schone, Serero; Sana, Hoesen, Fischer

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya