SOLOPOS.COM - Pemain AS Roma Francesco Totti merayakan kemenangan atas Inter Milan. (JIBI/Rtr/Giorgio Perottino)

Solopos.com, ROMA — Cukup lama klub-klub Italia bagian utara mendominasi papan atas klasemen Seri-A. Tapi setidaknya hingga pekan ketujuh musim ini, AS Roma dan Napoli, mampu mematahkan pakem yang sudah berlangsung bertahun-tahun itu.

Roma dari Italia bagian tengah dan Napoli berasal dari daerah selatan Negeri Pizza. Keduanya menduduki posisi dua peringkat teratas klasemen sementara Seri-A musim ini. Mereka menggusur klub-klub Italia dari utara seperti juara bertahan Juventus dan duo Milan, yang biasa langganan di papan atas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Memang terlalu dini memastikan siapa yang bakal menggenggam scudetto musim ini. Meski demikian, penampilan agresif Roma dan konsistensi Napoli, membuat keduanya mulai diperhitungkan sebagai kandidat juara.

Il Lupi, julukan Roma, bermain tanpa cacat dengan memenangi semua dari tujuh laga pembuka Seri-A. Torehan itu, membuat anak didik Rudi Garcia menyamai start sempurna tujuh laga yang pernah dibukukan Juventus (1930, 1985 dan 2005), AC Milan (1954 dan 1992), serta Inter Milan (1966).

Kedatangan Garcia ke Stadion Olimpico, markas Roma, memberi faktor utama melejitnya performa Francesco Totti dkk di musim ini. Mantan pelatih Lille tersebut mengubah Il Giallorossi, julukan Roma, menjadi tim paling agresif dengan 20 gol. Garcia juga membuat Roma cakap bertahan, terbukti baru sekali kebobolan. Maka tak salah bila ada anggapan, serangan yang dimiliki Roma saat ini setajam era Zdenek Zeman dan benteng pertahanan mereka sekokoh rezim Fabio Capello. Inter menjadi korban terakhir mereka, ketika dibekuk 0-3 di Giuseppe Meazza, dua pekan silam.

Napoli juga belum terkalahkan di musim ini. Dari tujuh laga yang telah dilewati, pasukan Rafael Benitez menyapu enam kemenangan dan satu laga lain berakhir imbang. Napoli hanya terpaut dua poin dari Roma yang muncaki klasemen sementara. Maka sulit disangkal, pertarungan Roma kontra Napoli di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (19/10/2013) pukul 01.45 (disiarkan langsung TVRI), akan menjadi laga paling mendebarkan karena memperebutkan predikat capolista alias pemuncak klasemen sementara.

“Jutaan orang di seluruh dunia akan menyaksikan pertandingan ini,” jelas presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, yang akan menonton duel itu lewat siaran langsung dari Los Angeles, dilansir Reuters, Kamis (17/10/2013).

Fakta menarik lainnya, Roma dan Napoli, merupakan tim Seri-A paling loyal belanja pemain di bursa transfer musim panas lalu. Napoli menghabiskan 86 juta euro atau setara Rp1,3 triliun untuk membeli pemain, termasuk Gonzalo Higuan dari Real Madrid. Partenopei, julukan Napoli, menggunakan keuntungan senilai 64 juta euro atau Rp985 miliar dari penjualan Edinson Cavani ke Paris Saint Germain (PSG).

Sementara Il Lupi menjadi klub kedua yang paling boros belanja pemain. Setelah finis di peringkat keenam pada musim lalu, tim Ibu Kota itu membeli pemain-pemain baru, mulai  Kevin Strootman hingga Gervinho.

Namun, di tengah panasnya performa kedua tim, faktor kelelahan bisa menghantui Roma dan Napoli di Olimpico, mengingat duel ini digelar hanya selang dua hari setelah jeda internasional. Sekitar sembilan pemain Napoli baru saja pulang membela negara masing-masing.

Sedangkan Roma harus menerima kenyataan dua pilarnya, Strootman dan Miralem Pjanic kembali ke kamp latihan dengan kondisi cedera. Meski demikian, dua gelandang Il Lupi itu sepertinya akan dipaksa tampi, mengingat peran penting keduanya dalam mendampingi Daniel De Rossi di lini tengah.

 

Prakiraan Susunan Pemain

AS Roma (4-3-3) Pelatih Rudi Garcia

Sanctis; Dodo, Leandro Castan, Benatia, Torosidid; Taddei, De Rossi, Pjanic; Florenzi, Totti, Gervinho

Cadangan : Strootman, Marquinho, Lobon, Ljajic, Caprari, Skorupski, Burdisso, Jedvaj, Borriello, Ricci

 

Napoli (4-4-1-1) Rafael Benitez

Pepe Reina; Armero, Britos, Fernandez, Mesto; Mertens, Behrami, Inler, Jose, Callejon, Hamsik; Pandev

Cadangan : Insigne, Zapata, Bariti, Rafael, Bruno Uvini, Colombo, Dzemaili, Cannavaro, Racosevic

 

Lima Pertemuan Terakhir

20/05/2013      Seri-A  AS Roma         2 – 1    Napoli

07/01/2013      Seri-A  Napoli  4 – 1    AS Roma



29/04/2012      Seri-A  AS Roma         2 – 2    Napoli

19/12/2011      Seri-A  Napoli  1 – 3    AS Roma

13/02/2011      Seri-A  AS Roma         0 – 2    Napoli

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya