SOLOPOS.COM - Panorama indah salah satu pantai di Lampung. (heartland.geocities.jp)

Solopos.com, JAKARTA — Situs panduan perjalanan global Skyscanner mempredisksi 10 kawasan wisata Indonesia bakal populer sebagai tujuan wisatawan pada 2014 mendatang. Skyscanner yang dikutip Kantor Berita Antara, Kamis (19/12/2013), memprediksi objek wisata Indonesia akan terus tumbuh.

Akhir pekan dan hari libur lain tetap menjadi waktu tersibuk aktivitas pariwisata Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya terpadu yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Perekonomian Kreatif untuk mempromosikan perjalanan domestik termasuk di dalamnya pembangunan bandara-bandara baru dan hotel-hotel mewah sebagai pendukung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebijakan cuti bersama dari pemerintah dan pemberian tambahan libur juga diprediksi mendorong pariwisata domestik. Skyscanner melalui rilis yang diterima Antara, Rabu (18/12/2013), juga mencatat pelaksanaan KTT APEC di Bali, Oktober 2013 lalu, juga membuat kemajuan dalam pembangunan infrastruktur yang menyediakan koneksi yang lebih baik bagi wisatawan dalam negeri ke tujuan wisata lokal yang layak dikunjungi.

 

Labuan Bajo di peringkat pertama

Labuan Bajo

Panorama Labuan Bajo (Ema Sukarelawanto/JIBI/Bisnis)

Panorama Labuan Bajo (Ema Sukarelawanto/JIBI/Bisnis)

Prediksi Skyscanner atas kawasan wisata Indonesia yang bakal tumbuh menjadi tujuan perjalanan wisata populer diawali dari Desa Labuan Bajo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Skycanner menyematkan prediksi 178% peningkatan pariwisata Labuan Bajo.

Pelaku industri pariwisata dunia mengenal Labuan Bajo sebaga pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat Pulau Flores. Kota Labuan Bajo, dicatat Bali-bisnis.com sebagai pusat pemerintahan kabupaten yang menjadi pintu gerbang menuju Pulau Komodo, dan objek wisata lain Pulau Flores, seperti gunung dan Danau Kelimutu.

Laman Indonesia.travel,com, mencatatkan Labuan Bajo menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan secara dramatis menciptakan efek yang ajaib saat matahari terbenam. Seiring peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Flores, maka di Labuan Bajo semakin banyak hotel berbintang, agen perjalanan, operator selam, persewaan perahu motor, dan liveaboards yang menawarkan jasa perjalanan ke Taman Nasional Pulau Komodo serta menyelam di perairan yang masih alami.

 

Berikutnya Belitung…

Belitung

Pantai pasir terhalus di Belitung (JIBI_Bisnis_Dok.)

Pantai pasir terhalus di Belitung (JIBI_Bisnis_Dok.)

Skyscanner memberikan skor 137% untuk prediksi peningkatan potens pariwisata Belitung. Itu menempatkan kawasan berpantai indah di Provinsi Bangka Belitung itu di peringkat kedua potensi kunjungan wisatawan di daerah itu pada tahun 2014 mendatang.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) mencatat kawasan pengembangan wisata ini telah menggoda para investor pada 2013 ini. Pantai di Bangka Belitung terbilang unik dengan batu-batu berukuran raksasa dan pasir putih serta air yang jernih jauh dari polusi kota besar serta air laut yang nyaris tanpa ombak. Lagi pula Bangka Belitung dikenal luas setelah novel Laskar Pelangi menjadi best seller.

Saat ini, kawasan wisata Bangka Belitung sudah dilengkapi pelbagai sarana penunjang wisata seperti hotel, vila, penginapan, dan restoran.

 

Pontianak di Peringkat Ketiga

Pontianak

Tugu Khatulistiwa di Pontianak (portalkbr.com)

Tugu Khatulistiwa di Pontianak (portalkbr.com)

Pontianak ditempatkan Skyscanner sebagai kawasan wisata berpotensi 2014 setelah dilabeli skor 44%. Tak sebaik dua kawasan di peringkat atasnya memang, namun Skyscanner optimistis daya tarik wisata Pontianak mampu membuat pariwisata ibu kota kalimantan Barat ini bakal terus tumbuh.

Sebagaimana dipaparkan Skyscanner.co.id, daya tarik wisata Pontianak didukung posisinya geografisnya yang dilalui salah satu sungai terbesar di dunia, yaitu Sungai Kapuas. Kota itu juga terletak hampir tepat di garis khatulistiwa sehingga Pontianak juga dikenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa.

Selain menawarkan sensasi menakjubkan menyusuri Sungai Kapuas dan dua sisi berbeda garis khatulistiwa, pengelola kepariwisataan setempat juga menawarkan Museum Dara Juanti Sintang yang dulunya Istana Al Mukarramah, yaitu salah satu peninggalan peradaban Sintang di Kelurahan Kapuas Kiri Hilir dan Taman Nasional Danau Sentarum. Taman Nasional Danau Sentarum terletak di jantung Pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu yang harus ditempuh 11 jam perjalanan darat dari Pontianak.

 

Bandung Tetap Bakal Berkembang

Bandung

Wisatawan mancanegara di Gedung Sate Bandung (bisnis-jabar.com)

Wisatawan mancanegara di Gedung Sate Bandung (bisnis-jabar.com)

Daya tarik wisata di seputaran Kota Bandung juga diprediksi Skyscanner bakal semakin mencuat pada 2014 mendatang. Skyscanner memberikan skor 32% bagi ibu kota Jawa Barat yang kini sudah menjadi tujuan wisata akhir pekan bagi warga ibu kota negara, Jakarta, itu.



Daya tarik wisata Bandung adalah suasana sejuk dan pelbagai tawaran kuliner, belanja dan hiburan modern. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, tentu saja fasilitas pariwisata Bandung terjamin, baik hotel, restoran dan pelbagai jasa wisata lain.

 

Selanjutnya kota kedua Jawa Timur

Malang

 

Objek wisata pantai di Malang Selatan memesona sebagai daya tarik wisata (malangselatan.com)

Objek wisata pantai di Malang Selatan memesona sebagai daya tarik wisata (malangselatan.com)

Malang, baik kota maupun kabupaten, tak jauh berbeda dengan Bandung. Jika Bandung dianggap sebagai objek wisata utama liburan akhir pekan warga Jakarta, maka Malang adalah tujuan liburan week end utama warga Metropolitan Surabaya. Tak jauh berbeda pula dengan Bandung, Malang sebagai kota terpenting kedua di Jawa Timur juga telah dilengkapi pelbagai fasilitas pariwisata.

Malang secara budaya memiliki banyak peninggalan purbakala sebagai daya tarik wisata. Sebagai kawasan pegunungan yang memiliki pantai sisi selatan Pulau Jawa, Malang juga menawarkan banyak objek wisata alam. Namun, sebagai kota kedua terpenting di Jawa Timur maka Malang juga memiliki banyak tujuan wisata belanja dan kuliner. Skyscanner memberikan angka 25% untuk pengembangan kepariwisataan wilayah itu.

 



Selanjutnya adalah Pangkal Pinang

Pangkal Pinang

Suasana Pangkal Pinang, Pulau Bangka (id.wikipedia.org)

Suasana Pangkal Pinang, Pulau Bangka (id.wikipedia.org)

Pangkal Pinang di mendapatkan angka prediksi 23% dari Skyscanner untuk pengembangan pariwisata tahun 2014 mendatang. Sejatinya pengembangan pariwisata Pangkal Pinang tak bisa dipisahkan dengan Belitung yang ditempatkan Skyscanner di peringkat kedua dalam daftar terbarunya. Maklum saja, Pangkal Pinang adalah ibu kota provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kota ini terletak di bagian timur Pulau Bangka. Di kota itu berpusat kantor PT. Timah Tbk. Sebagaimana mana Belitung, daya tarik utama bangka adalah pantainya yang konon berpasir terhalus. Pantai itu sangat unik karena dihiasi batu-batu berukuran raksasa.

 

Berikutnya Mataram

Mataram



Daya tarik wisata Pulau Lombok yang menunjukkan perpaduan budaya Sasak dan Bali (lombok.panduanwisata.com)

Daya tarik wisata Pulau Lombok yang menunjukkan perpaduan budaya Sasak dan Bali (lombok.panduanwisata.com)

Ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram di Pulau Lombok, menempati urutan ketujuh pada daftar pengembangan pariwisata Indonesia versi Skyscanner, Mataram mengantongi angka prospek peningkatan pariwisata 23%.

Keberadaan bandar udara di Selaparang menjadikan Mataram sebagai kota vital untuk pengembangan pariwisata di Lombok dan kepulauan eks Provinsi Sunda Kecil. Pulau Lombok sendiri terkena; eksotis, namun pulau-pulau di sekitarnya tak kalah menarik. Dari kota ini Anda bisa melancong ke objek wisata alam seperti Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Pantai Kuta, Pesona Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yaitu Rinjani. Tak sedikit pula objek wisata budaya, kuliner maupun belanja.

Sebagai ibu kota provinsi, fasilitas pariwisata Mataram tentu saja relatif memadai. Sebagai sentra pengembangan pariwisata Nusa Tenggara Barat, kota ini menyediakan beragam kelas hotel sesuai dengan bujet Anda, mulai dari hotel kelas melati sampai berbintang.

 

Bali justru di urutan ke-8

Bali

Kepadatan Pantai Kuta saat peak session pariwisata (Bisnis.com)

Kepadatan Pantai Kuta saat peak session pariwisata (Bisnis.com)

Maskot pariwisata Indonesia, Pulau Bali, justru ditempatkan di urutan kedelapan pada daftar pengembangan pariwisata Indonesia versi Skyscanner. Kenyataan itu menunjukkan bahwa di tahun 2014 mendatang, perkembangan kepariwisataan Bali diramalkan tak akan sepesat 7 kawasan lain yang berada pada urutan sebelumnya dalam daftar itu.



Tentu hal itu bukan hal yang patut dirisaukan mengingat Bali sudah berada di puncak daftar objek daya tarik wisata di Indonesia. Pariwisata Bali bahkan mampu mendatangkan devisa negara hingga puluhan triliunan/tahun. Maklum saja, nama Bali sudah kondang ke seluruh penjuru Planet Bumi.

 

Ditutup Tarakan & Bandar Lampung.

Tarakan & Bandar Lampung

Objek wisata Taman Oval di Tarakan (tarakantourism.com)

Objek wisata Taman Oval di Tarakan (tarakantourism.com)

Kota Tarakan di Kalimantan Timur ditempatkan Situs penduan perjalanan global Skyscanner di peringkat ke-9 kota paling berkembang dalam bidang pariwisata tahun 2014 mendatang. Kota ini kaya dengan objek wisata sisa Perang Dunia II, dan daya tarik wisata alam hutan mangrove dan hutan lindung. Kota ini juga tengah mengeksplorasi wisata pantai dan wisata budaya, lengkap dengan fasilitas pendukungnya.

Urutan terbuncit dalam daftar 10 kawasan wisata Indonesia yang mungkin berkembang pada 2014 itu adalah Bandar Lampung. Ibu kota provinsi Lampung itu memang tengah mencoba mengembangkan potensi wisatanya. Alam Lampung, utamanya pantai yang menghadap langsung Gunung Krakatau memang memesona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya