SOLOPOS.COM - Rafael Nadal (kiri) dan Novak Djokovic akan kembali bersua pada semifinal Prancis Terbuka di Paris, Jumat (7/6/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rafael Nadal (kiri) dan Novak Djokovic akan kembali bersua pada semifinal Prancis Terbuka di Paris, Jumat (7/6/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

PARIS—Pertemuan antara Sang Raja Tanah Liat, Rafael Nadal, versus jagoan tenis peringkat satu dunia, Novak Djokovic, mungkin seharusnya terjadi di partai final Prancis Terbuka. Namun demikian, tetap saja pertemuan kedua petenis muda berbakat itu di semifinal Roland Garros, Jumat (7/6/2013) malam WIB, akan menjadi semifinal glamor dan sarat gengsi. Nadal maupun Djokovic masing-masing memiliki misi besar untuk melaju ke final grand slam lapangan tanah liat ini.

Juara Prancis Terbuka tujuh kali, Nadal, mengincar tiket ke final untuk memuluskan rencana besarnya menjadi petenis pertama yang memenangi delapan gelar juara dalam event grand slam yang sama. Di lain pihak, Djokovic begitu berhasrat memenangi trofi juara Prancis Terbuka untuk kali pertama, satu-satunya trofi juara grand slam yang belum pernah diboyongnya.

Pertemuan keduanya di semifinal akan membuat salah satu dari mereka kecewa meninggalkan lapangan karena misi besar mereka gagal terealisasi di tahun ini. Tak mau terlalu terbebani, Nadal pun mencoba mengurangi tensi pertemuan dengan Djokovic.

“Jika Anda menang, Anda belum memenangi apa pun. Ini bukan final, ini baru semifinal. Anda tidak memainkan pertandingan untuk sebuah gelar juara. Anda hanya memainkan sebuah pertandingan untuk berada di final. Jadi itu sebuah perbedaan besar,” ujar Nadal dilansir Yahoosports, Kamis (6/6).

Ini merupakan pertemuan kali pertama antara Nadal dan Djokovic sebelum final di turnamen utama sejak 2008. Duel ini bisa terjadi karena peringkat Nadal yang merosot selama absen panjang selama tujuh bulan karena cedera lutut sehingga dari hasil undian dia dan Djokovic bisa berhadapan di semifinal.

Bagi keduanya ini merupakan pertemuan kali ke-35, di mana Nadal mengantongi rekor pertemuan yang lebih baik atas Djokovic, 19-15 (menang-kalah). Petenis asal Spanyol itu juga unggul 6-3 atas Djokovic dalam catatan pertemuan di grand slam, termasuk rekor 4-0 di French Open. Nadal juga menang ketika berhadapan dengan Djokovic pada final di Roland Garros tahun lalu.

Namun Nadal kalah dalam pertemuan terakhir di final Monte Carlo pada April lalu. “Saya akan memilih menghadapi lawan yang lebih mudah. Namun ini Novak dan saya menerima ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit,” kata Nadal.

Djokovic pun berpikiran sama. Petenis asal Serbia itu memprediksi pertandingan akan berjalan alot dan sangat panjang. “Saya siap untuk bermain lima set,” kata Djokovic.

Menghadapi Nadal yang tersohor dengan sebutan King of Clay, Djokovic mengaku tak mempermasalahkan jika berstatus underdog dalam pertemuan ini. “Saya sama sekali tidak peduli [dengan status underdog]. Saya berusaha dan mengeluarkan permainan terbaik saya dan apakah saya menjadi favorit atau tidak adalah hal terakhir yang saya perhatikan,” kata Djokovic.

Head to Head

Rafael Nadal Vs Novak Djokovic

Peringkat: Nadal 4, Djokovic 1

Total pertemuan              : 34 kali

Rekor pertemuan            : Nadal 19 kali menang, Djokovic 15 kali menang

10 Pertemuan terakhir

Tahun   Turnamen           Lapangan             Hasil       Babak

2013       ATP Monte-Carlo             Tanah liat             Novak Djokovic 6-2, 7-6(1) Rafael NadalFinal

2012       French Open      Tanah liat             Rafael Nadal       6-4, 6-3, 2-6, 7-5                Novak DjokovicFinal

2012       ATP Rome           Tanah liat             Rafael Nadal 7-5, 6-3 Novak Djokovic      Final

2012       ATP Monte-Carlo             Tanah liat             Rafael Nadal 6-3, 6-1 Novak Djokovic      Final

2012       Australian Open               Keras     Novak Djokovic 5-7, 6-4, 6-2, 6-7(5), 7-5 Rafael Nadal       Final



2011       US Open              Keras     Novak Djokovic6-2, 6-4, 6-7(3), 6-1 Rafael Nadal                Final

2011       Wimbledon        Rumput                Novak Djokovic 6-4, 6-1, 1-6, 6-3 Rafael Nadal     Final

2011       ATP Rome           Tanah liat             Novak Djokovic 6-4, 6-4 Rafael Nadal      Final

2011       ATP Madrid        Tanah liat             Novak Djokovic 7-5, 6-4 Rafael Nadal      Final

2011       ATP Miami          Keras     Novak Djokovic 4-6, 6-3, 7-6(4) Rafael Nadal        Final

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya