SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Paris–Seorang menteri Prancis mengkritik peran Amerika Serikat (AS) di Haiti pascagempa dahsyat pekan lalu. Dia mendesak PBB untuk menyelidiki peran dominan AS di negeri miskin Karibia itu.

Ditegaskan Menteri Kerjasama Prancis Alain Joyandet, upaya bantuan internasional adalah soal membantu Haiti, bukan “menduduki” negara itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini soal membantu Haiti, bukan soal menduduki Haiti,” cetus Joyandet pada radio Prancis seperti dilansir harian Sydney Morning Herald, Selasa (19/1).

Ekspedisi Mudik 2024

Militer AS saat ini mengendalikan bandara Port-au-Prince yang cuma memiliki satu landasan pacu yang masih berfungsi dan digunakan dalam operasi bantuan. Kendali AS atas bandara Haiti itu telah menuai protes negara-negara lain.

Sebelumnya 250 warga AS diterbangkan ke Pangkalan Angkatan Udara McGuire di New Jersey, AS dengan menggunakan tiga pesawat militer dari Haiti. Pasukan AS awalnya melarang warga negara Prancis dan Kanada menaiki pesawat-pesawat itu. Namun kemudian mereka dibolehkan naik setelah diprotes oleh pejabat-pejabat pemerintah Prancis dan dan Kanada.

Dicetuskan Joyandet, dirinya berharap PBB membuat keputusan mengenai bagaimana pemerintah-pemerintah asing bekerjasama di Haiti. Dia berharap akan mendapat kejelasan menyangkut perang AS di Haiti.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton telah menyatakan, pemerintah AS tak punya niat mengambil alih kekuasaan dari pemerintah Haiti. “Kami bekerja untuk mendukung mereka, bukann untuk menggantikan mereka,” tegas Hillary.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya