SOLOPOS.COM - (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Pramuka Sragen periode 2021-2026 dilantik oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Sragen Dedy Endriyatno di Rumah Makan Tentrem Ayem Sragen, Kamis (14/10/2021).

Para anggota Dewan Kerja Pramuka itu diminta untuk solid dalam menjalankan roda organisasi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Saat pelantikan mereka menyatakan Trisatya Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka sembari menempelkan bendera merah putih di dada. Setelah pelantikan perwakilan mereka menandatangani berita acara pelantikan secara bergantian dengan Ketua Kwartir Cabang Pramuka.

Baca Juga: Kompak, Bawaslu Boyolali Gandeng Pramuka Awasi Pemilu

Dalam sambutannya, Dedy Endriyatno mengingatkan tentang peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1908 silam.

Dia mengatakan pada peristiwa itu banyak pemuda dari berbagai daerah di Nusantara bertemu dan berkomitmen untuk satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, yakni Indonesia.

Mereka hadir bukan mengatasnamakan suku tetapi mengatasnamakan Indonesia.

Baca Juga: Pramuka Sragen Bentuk Saka Adhyasta Pemilu, Ini Tugas-Tugasnya

“Bayangkan kala itu tidak ada ponsel dan susah berkomunikasi. Zaman itu berbeda dengan zaman sekarang dengan teknologi maju. Mereka punya semangat untuk perubahan. Pemuda sekarang harus memiliki semangat yang sama.”

“Tekad para pemuda waktu itu membuahkan kemerdekaan. Pemuda sekarang harus bisa berperan di bidang masing-masing untuk mewujudkan Indonesia menjadi besar dalam ukuran ekonomi, politik, dan sosial,” ujar Dedy.

Dedy menyampaikan untuk mewujudkan Indonesia yang hebat itu dimulai dari sesuatu yang kecil, salah satunya lewat Pramuka. Di dalam organisasi, kata dia, tidak butuh orang yang hebat tetapi butuh soliditas dan kekompakan untuk membawa organisasi.

Baca Juga: Hari Pramuka, 555 Pelajar di Madiun Disuntik Vaksin Covid-19

Seorang pemimpin organisasi, sebut dia, bukan orang yang kuat, pandai, pintar tetapi orang yang mendapat dukungan dari anggotanya dan membawa organisasi menjadi maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya