SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Bisnis-Paulus Tandi Bone)

Solopos.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk memastikan awak kabin atau pramugari dan pramugara tetap menggunakan masker sebagai perlindungan diri meski pakai perlindungan tambahan seperti face shield. Garuda mengatakan face shield tidak menggantikan masker.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya terus meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan pada seluruh lini operasional. Pihaknya mengklaim selalu mematuhi standar pemerintah untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang maupun awak kabin yang bertugas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

10 Kecamatan di Kabupaten Madiun Zona Merah Covid-19, Lainnya Oranye

“Rencana penggunaan face shield oleh awak kabin Garuda Indonesia pada prinsipnya merupakan APD pelengkap bagi awak kabin. Dan tidak menggantikan masker yang saat ini telah digunakan oleh awak kabin kami,” kata Irfan dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya penggunaan kelengkapan alat pelindung diri (APD) standar bagi awak kabin adalah masker dan sarung tangan. Jadi, keduanya tidak akan dihilangkan meski ada face shield. Selain itu Garuda Indonesia juga tengah mempersiapkan penggunaan APD penunjang lainnya. Milsanya apron sekali pakai untuk awak kabin ketika menyajikan makanan kepada penumpang.

Penambahan Kasus Positif Covid-19 Tembus 18%, Sembuh Cuma 3%

Dengan mengenakan masker plus face shield, pramugari dan pramugara Garuda Indonesia bisa tetap berinteraksi dengan penumpang. Namun interaksi itu, kata Irfan, harus tetap sesuai protokol keselamatan.

Adaptasi

"Secara berkelanjutan kami juga mengevaluasi penggunaan kelengkapan APD bagi awak kabin yang paling sesuai dan aman digunakan selama penerbangan. Namun tetap memberikan kenyamanan dan keleluasaan berinteraksi dengan pengguna jasa. Tentunya tetap mengacu pada aspek regulasi dan safety yang berlaku," ujarnya.

Terungkap! 30-an Tenaga Kesehatan Puskesmas di Semarang Positif Covid-19

Irfan menyebutkan dalam fase new normal ini, katanya, Garuda Indonesia terus bergerak adaptif mengoptimalkan kualitas layanan. Selain itu dia mengklaim Garuda Indonesia konsisten menjalankan protokol kesehatan, termasuk para pramugari yang mengenakan face shield dan masker.

Hal itu, kata dia, sangat penting guna menjaga kepercayaan dan minat penumpang pesawat.

Tak Ada Tes PCR Covid-19 Massal, Reisa: Penduduk Indonesia 270 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya