SOLOPOS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef (dua dari kiri) yang menjabat pada 1978-1983 meninjau proyek pemugaran Candi Borobudur. (arsip.borobudurpedia.id)

Solopos.com, SOLO — Berdasarkan data International Labour Organization (ILO), saat ini di Indonesia terdapat 13,4 juta praktisi ahli. Sekitar 50% di antara mereka tertarik mengajar di kampus.

Mereka bisa mengajar di kampus jika ada undangan dari dosen, ada waktu yang cocok, dan diberi insentif yang adil. Praktisi mengajar di kampus adalah wujud simbiosis mutualisme antara kampus dan dunia industri serta dunia usaha.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi memfasilitasi kebutuhan dua pihak yang saling menguntungkan itu dalam program Praktisi Mengajar. Program ini untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa masuk ke dunia kerja. Penjelasan lengkap tersaji di Praktisi Mengajar Kuatkan Simbiosis Mutualisme Kampus dan Dunia Kerja.

Pembedaan harga tiket masuk per kawasan menjadi kunci untuk mengatur jumlah pengunjung Candi Borobudur. Sudah ada kajian tentang jumlah ideal wisatawan per kunjungan, per jam, dan per kawasan.

Pengelola candi peninggalan Dinasti Syailendra ini bakal memberlakukan pembatasan jumlah wisatawan. Hal ini diikuti dengan kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur menjadi Rp750.000.

Sebenarnya usulan pembedaan harga tiket masuk per kawasan ini sudah mengemuka dalam dokumen Rencana Pengelolaan Pengunjung Borobudur. Dokumen yang dibut pada 2020 ini disusun oleh Tim Integrated Tourism Master Plan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (ITMP BYP) bersama dengan tim UNESCO dan stakeholders terkait. Duduk perkara bisa dipahami di Pembedaan Harga Tiket Kunci Atur Jumlah Pengunjung Candi Borobudur.

India menjadi negara andalan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri setelah Australia. India menjadi negara pemasok daging kerbau beku, sementara Australia memasok sapi bakalan.

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) memastikan daging kerbau impor yang datang dari India tidak mengandung virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan daging kerbau beku yang sampai di Indonesia segera dites PCR di Pusat Veteriner Farma Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Penjelasan lengkap bisa dibaca di India Jadi Tumpuan Impor Daging ke Indonesia Setelah Australia.

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, kini berada di antara tuntutan kepentingan pariwisata (ekonomi) yang berorientasi pendapatan dan keniscayaan konservasi karena pelapukan dan umur yang semakin menua.

Pemerintah terus berupaya mengembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas dengan menyiapkan rencana induk pengembangan terpadu, salah satunya Candi Borobudur. Di kawasan Candi Borobudur, pemerintah mengimplementasikan konsep pariwisata berkualitas.

Aspek-aspeknya adalah aksesibilitas dan konektivitas, amenitas, atraksi, dan ancillary (fasilitas tambahan). Pemerintah berkomitmen menjaga keutuhan dan kelestarian Candi Borobudur sebagai peninggalan bersejarah bangsa Indonesia. Penjelasan lengkap tersaji di Candi Borobudur di Antara Kepentingan Ekonomi dan Konservasi.

Pengunjung Candi Borobudur yang meningkat dari tahun ke tahun berpotensi menjadi masalah berdasarkan hasil kajian perilaku mereka. Muncul wacana pengaturan dan pembatasan wisatawan ke candi Buddha itu.

Hal ini tertuang dalam dokumen yang disusun Tim Integrated Tourism Masterplan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (ITMP BYP) bersama-sama dengan tim UNESCO dan stakeholders terkait.

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia, dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Candi Borobudur berlokasi di dataran Kedu, di bagian selatan Jawa Tengah. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Pengunjung Candi Borobudur Jadi Masalah, Begini Kajian Perilaku Mereka.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya