SOLOPOS.COM - Menerjemahkan dengan kamera smartphone menggunakan aplikasi Google Translate. (Telset.id)

Solopos.com, SOLO — Ketika traveling ke luar negeri, bahasa menjadi masalah tersendiri bagi yang tidak menguasai bahasa Inggris. Namun kini ada cara praktis untuk mengatasi hal itu dengan kamera HP sebagai penerjemah.

Dahulu ketika hendak melancong ke luar negeri banyak yang terpaksa membawa kamus saku. Namun seiring kemajuan teknologi, saat ini smartphone bisa menggantikan fungsi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Telset.id, smartphone tersebut bukan difungsikan untuk membuka Google Translate dan menuliskan di kolomnya untuk mendapatkan terjemahan.

Apakah Anda sanggup mengetikan setiap kata berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ke kolom Google Tranlsate. Tentu butuh waktu jika Anda melakukannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Karena sebenarnya ada cara praktis untuk mengatasi masalah tersebut, yakni menggunakan kamera smartphone untuk menerjemahkannya.

Baca juga: iPhone 5 dan iPhone 5c, Mulai Oktober Tak Bisa Pakai Aplikasi WhatsApp

Ingin tahu caranya? Memang tetap menggunakan aplikasi translator populer yakni Google Translate hanya saja tidak menuliskan kata tapi cukup mengarahkan kamera ke kata-kata asing tersebut.

Caranya download aplikasi tersebut di Google Play Store atau App Store. Lalu jalankan aplikasi tersebut, kemudian tentukan bahasan.

Bahasa utama dan bahasa yang biasanya Anda terjemahkan. Sebagai contoh Anda bisa mengaturnya masing-masing adalah Indonesian dan English.

Jangan lupa juga, aktifkan opsi Translate offline agar jika Anda tidak memiliki kuota internet, Anda masih bisa menterjemahkan kedua bahasa tersebut. Jika sudah tekan tombol Done.

Baca juga: Anak Muda Kencan Online di Aplikasi, Biro Jodoh Masa Kini

Selanjutnya, tekan tombol berbentuk kamera tepat di bagian kiri bawah text box untuk mengaktifkan Google Translate camera mode.

Jika aplikasi meminta akses untuk bisa menggunakan kamera, izinkan akses tersebut dengan menekan tombol Allow.

Kemudian, arahkan kamera ke papan informasi atau lainnya dan secara langsung terjemahan dari papan informasi akan muncul di layar smartphone

Baca juga: Daerah yang Sudah 5G di Indonesia, Cek Barangkali Kotamu Ada

Jika Anda tidak ingin terjemahan secara real-time, tekan saja tombol berbentuk mata hijau di kanan bawah layar, dan otomatis fitur itu akan mati.

Sebagai gantinya, Anda harus mengambil foto papan informasi atau lainnya, dan Google Translate akan menterjemahkannya untuk Anda.

Demikian cara menjadikan kamera di smartphone sebagai alat penerjemah. Kamu bisa langsung mencobanya di smartphone biar mudah saat traveling ke luar negeri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya