SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan es (Dok. Solopos.com)

Prakiraan cuaca dari BMKG menyebutkan akan terjadi hujan lebat di sejumlah daerah.

Solopos.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi hujan lebat selama empat hari ke depan atau 26-30 September 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Waspadai potensi hujan lebat karena dilihat dari kondisi atmosfer terkini masih terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” kata Humas BMKG Hary T Djatmiko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (26/9/2016).

Dia menjelaskan, sejumlah daerah yang berpotensi hujan lebat tersebut yaitu Sumatra Selatan, Lampung, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,Yogyakarta, Jawa Timur.

Serta di Kalimantan Selatan dan Timur, Bali, Maluku dan Maluku Utara juga Papua Barat.

Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi.

Gelombang laut dengan ketinggian antara 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Laut Andaman, Perairan Kepulauan Nias dan Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu dan Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung.

Serta di Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya