[ X ] CLOSE

PRABOWO VS JOKOWI : Survei Terbaru LIPI, Siapa Capres-Cawapres yang Unggul?

PRABOWO VS JOKOWI : Survei Terbaru LIPI, Siapa Capres-Cawapres yang Unggul?
SOLOPOS.COM - Prabowo (kiri) dan Jokowi (kanan) saat Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Holiday, Minggu (22/6/2014). (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Ilmu Politik Indonesia (LIPI) menggelar survei elektabilitas capres-cawapres menjelang Pilpres 2014. Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) dalam survei yang dilakukan LIPI tersebut.

Peneliti LIPI, Wawan Ichwanuddin, menerangkan dalam survei tersebut, pasangan Jokowi-JK mendapatkan 43%. Sementara itu, Prabowo-Hatta mendapatkan 34% suara dan 23% responden lainnya belum menentukan pilihan.

Faktor terbesar yang menjadikan Jokowi memiliki elektabilitas tinggi adalah karena dia dianggap sebagai figur yang sederhana dan merakyat, dapat memahami keinginan masyarakat, serta dapat diterima oleh semua kalangan. Sementara faktor terbesar masyarakat memilih Prabowo adalah karena mantan Danjen Kopasus itu dinilai memiliki kewibawaan yang bagus, ketegasan, serta wawasan dan pengalaman internasional.

“Visi misi kami untuk mencari perilaku pemilih dan pengembangan ilmu masyarakat dan politik,” kata Wawan saat memaparkan hasil surveinya di Kantor LIPI, Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Survei tersebut juga menggali pengaruh cawapres dalam meningkatkann elektabilitas. Dalam hal ini, JK dinilai lebih memiliki kewibawaan dan kesederhanaan dibandingkan Hatta. “Aktifitas dia sebagai mantan wapres juga membantu persepsi pemilih. JK bisa melengkapi pemilih,” ujarnya.

Survei ini dilakukan pada 5-24 Juni 2014 dengan populasi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih. Sampel yang dianalisis sebanyak 790 responden. Margin of error diperkirakan kurang lebih sebesar 3,51% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka, dimana satu pewawancara bertugas untuk satu desa/kelurahan dan mewawancarai 10 responden. Kendali kualitas terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 27,2% dari total sampel oleh supervisor denngan kembali mendatangi responden terpilih.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago