[ X ] CLOSE

PRABOWO VS JOKOWI : Survei Indo Barometer: Elektabilitas Prabowo-Jokowi Cuma Selisih 0,5%

PRABOWO VS JOKOWI : Survei Indo Barometer: Elektabilitas Prabowo-Jokowi Cuma Selisih 0,5%
SOLOPOS.COM - Prabowo (kiri) dan Jokowi (kanan) saat Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Holiday, Minggu (22/6/2014). (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga survei Indo Barometer kembali merilis hasil survei elektabilitas Prabowo dan Jokowi terbaru yang telah dilaksanakan sejak tanggal 28 Mei 2014 hingga 4 Juni 2014 lalu. Survei nasional tersebut dilaksanakan Indo Barometer sebelum pelaksanaan kampanye terbuka pilpres resmi dimulai.

Berdasarkan hasil survei terbarunya, elektabilitas capres Prabowo Subianto meroket tajam dan mulai mendekati elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) yang hanya terpaut kurang dari satu persen yakni 0,5%.

“Elektabilitas capres Prabowo Subianto mencapai 39,9%, Jokowi sendiri 40,4%,” tutur Direktur Indo Barometer, M. Qodari di Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Hasil survei tersebut mengacu pada pertanyaan jika pilpres dilaksanakan hari ini dan berbagai pertanyaan terbuka yang diajukan ke 1.200 orang responden dari 33 Provinsi di seluruh Indonesia dengan margin of error sebesar ±3,0%. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen.

Selain itu, karena pertanyaannya bersifat terbuka, masyarakat ada juga yang menyebutkan beberapa nama lain untuk diusung menjadi capres, diantaranya Jusuf Kalla, Hatta Rajasa, Surya Paloh, Susilo Bambang Yudhoyono, Rhoma Irama, Mahfud MD dan Dahlan Iskan. “Ada juga awareness terhadap tokoh-tokoh lainnya, namun kecil sekitar 1,3%,” kata Qodari.

Sedangkan berdasarkan hasil survei tersebut, ada sekitar 18,5% masyarakat dari 1.200 orang responden yang tidak mau memilih pada Pilpres 2014.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago