SOLOPOS.COM - Prabowo (kiri) dan Jokowi (kanan) saat Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Holiday, Minggu (22/6/2014). (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga survei Indo Barometer kembali merilis hasil survei elektabilitas Prabowo dan Jokowi terbaru yang telah dilaksanakan sejak tanggal 28 Mei 2014 hingga 4 Juni 2014 lalu. Survei nasional tersebut dilaksanakan Indo Barometer sebelum pelaksanaan kampanye terbuka pilpres resmi dimulai.

Berdasarkan hasil survei terbarunya, elektabilitas capres Prabowo Subianto meroket tajam dan mulai mendekati elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) yang hanya terpaut kurang dari satu persen yakni 0,5%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Elektabilitas capres Prabowo Subianto mencapai 39,9%, Jokowi sendiri 40,4%,” tutur Direktur Indo Barometer, M. Qodari di Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Hasil survei tersebut mengacu pada pertanyaan jika pilpres dilaksanakan hari ini dan berbagai pertanyaan terbuka yang diajukan ke 1.200 orang responden dari 33 Provinsi di seluruh Indonesia dengan margin of error sebesar ±3,0%. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen.

Selain itu, karena pertanyaannya bersifat terbuka, masyarakat ada juga yang menyebutkan beberapa nama lain untuk diusung menjadi capres, diantaranya Jusuf Kalla, Hatta Rajasa, Surya Paloh, Susilo Bambang Yudhoyono, Rhoma Irama, Mahfud MD dan Dahlan Iskan. “Ada juga awareness terhadap tokoh-tokoh lainnya, namun kecil sekitar 1,3%,” kata Qodari.

Sedangkan berdasarkan hasil survei tersebut, ada sekitar 18,5% masyarakat dari 1.200 orang responden yang tidak mau memilih pada Pilpres 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya