SOLOPOS.COM - Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto (kiri) dan Hatta Rajasa. (JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam)

Solopos.com, JAKARTA — Kubu capres-cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta), mengklaim mereka menang Pilpres 2014. Padahal, sejumlah lembaga survei seperti Litbang Kompas, Lingkaran Survei Indonesia, dan RRI, menempatkan pasangan Jokowi-JK unggul atas mereka.

Pernyataan kemenangan tersebut disampaikan langsung oleh Prabowo Subianto melalui pidatonya di depan media massa dan pendukungnya di Rumah Polonia, Rabu (9/7/2014) siang. Menurut Prabowo, pihaknya menggunakan acuan quick count tiga lembaga survei yang tidak dia sebutkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Baru saja kami dari Koalisi Merah Putih memantau keterngan yang masuk berbagai lembaga survei yang kami gunakan sebagai acuan. Kita bersyukur bahwa dari semua keterangan yang masuk bahwa kami pasangan no 1 mendapat dukungan dan mandat dari rakyat indonesia,” kata Prabowo.

Ekspedisi Mudik 2024

Prabowo juga meyakinkan dengan mengucapkan terima kasih kepada rakyat indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya dan Hatta Rajasa. Dia juga mengaku telah menunggu sampai seluruh data quick count masuk.

“Kami memang menunggu sampai data seluruhnya masuk sampai kami mendeklarasikan kemenangan,” katanya.

Prabowo mengatakan dirinya masih menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU. “Kepada seluruh pendukung Koalisi Merah Putih untuk menjaga dan mengawal kemenangan ini sampai penetapan resmi dari KPU pusat.”

Tiga lembaga survei yaitu JSI, LSN dan Puskaptis memenangkan Prabowo versi perhitungan cepat. Pantauan Solopos.com melalui siaran TV One sebelumnya memaparkan dalam hasil survei JSI Prabowo-Hatta memperoleh 50,20% Jokowi-Jk 49,80%. Hasil survei LSN Prabowo-Hatta 50,68% sedangkan Jokowi-JK 49,32%. Hasil survei Puskaptis Prabowo-Hatta 51,65% Jokowi-Jk 48,35%.

Sementara hasil sementara quick count RRI menampilkan Prabowo-Hatta meraih 47,49% dan Jokowi-JK 52,51%. Quick count SMRC menunjukkan Prabowo-Hatta 47,22% dan Jokowi-JK 52,88%. Litbang Kompas menunjukkan Prabowo-Hatta 47,64% dan Jokowi-JK 52,36.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya