SOLOPOS.COM - Layar menampilkan pasangan capres cawapres nomor urut satu Prabowo Subianto (keempat dari kiri) - Hatta Radjasa (kelima dari kiri) dan pasangan capres cawapres nomor urut dua Joko Widodo (ketiga dari kiri) - Jusuf Kalla (kedua dari kiri) saat acara Deklarasi Pemilu Berintegritas & Damai - Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (3/6/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Fanny Octavianus)

Solopos.com, JAKARTA — Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak, menanggapi laporan tim advokasi Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) terkait adanya arahan Bintara Pembina Desa (Babinsa) kepada warga di Jakarta Pusat untuk memilih pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
Nelson mengatakan laporan tersebut masih dalam proses untuk dimintai keterangan pada sumber yang terkait. Karena itu, dia meminta kabar ini jangan dulu dibesar-besarkan (Baca: Babinsa Diduga Arahkan Warga ke Prabowo).
“Kita akan minta keterangan dulu, karena ini kan merupakan area sensitif. Artinya jangan dibesar-besarkan dulu lah,” katanya saat ditemui di Gedung Bawaslu, Jakarta, (6/6/2014).
Namun, dia menilai jika Babinsa mengatakan alasan operasi tersebut  untuk mengetahui preferensi pemilih, maka hal tersebut tidak tepat dilakukan.
“Saya baca pagi ini di media massa, bahwa perwira menengah kalau dia tidak salah, mengaku bahwa itu dilakukan untuk mengetahui preferensi pemilih,” kata Nelson. “Saya kira itu sesuatu yang keliru. Kalau tokoh mereka mau tahu keadaan di sekeliling sebagai pembina desa kan bisa mereka dapatkan data-data melalui KPU,” tambahnya.
Terlebih, Nelson mengatakan bahwa Panglima TNI sudah dengan tegas mengatakan akan bersikap netral dan hanya akan melakukan tindakan terkait pengamanan dalam pelaksanaan pemilu kali ini, seperti yang diamanatkan dalam undang-undang.
Dia juga mengatakan di situlah peran undang-undang untuk membatasi partisipasi TNI dalam pemilu.

“Makanya UU sampai sekarang masih membatasi tentara untuk tidak memberikan hak suara. Supaya TNI masih berdiri di atas kepentingan semua pihak sesuai dengan sumpah mereka, yakni mereka akan berada di atas kepentingan negara,”jelasnya.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya