SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto (kiri) didaulat menjadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia dalam Kongres International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat) 2022, di Melaka, Malaysia, Selasa (26/7/2022). (Antara/Tim Media Prabowo Subianto)

Solopos.com, JAKARTA – Kongres International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat) 2022 kembali mendaulat Prabowo Subianto menjadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia.

Kembali terpilihnya Prabowo diputuskan oleh negara-negara pendiri Persilat, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, dan disaksikan oleh presiden federasi pencak silat nasional dari berbagai negara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya umumkan Bapak Prabowo menjadi presiden Persilat untuk empat tahun ke depan untuk memimpin PERSILAT. Insyaallah pencak silat semakin diterima di dunia secara luas,” kata Presiden Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (Pesaka) Datuk Wira Megat Zulkarnain selaku tuan rumah, di Melaka, Malaysia, Selasa (26/7/2022).

Dikutip dari Antara, Datuk Wira Megat, membacakan dukungan dari berbagai negara yang menyatakan keinginan Persilat kembali dipimpin Prabowo.

Prabowo Subianto dianggap mampu dan memiliki pengaruh di dunia internasional untuk membawa pencak silat berlaga di olimpiade.

Baca Juga: Top! 2 Pesilat Klaten Sabet Emas di Popda Jateng

Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya gerakan pencak silat di berbagai negara di dunia. Di bawah kepemimpinan Prabowo, tercatat sudah terbentuk 85 federasi pencak silat yang mewakili negara masing-masing, atau telah bertambah 29 negara dalam tujuh tahun terakhir.

Seluruh presiden federasi nasional yang hadir juga menyatakan mendukung penuh kepemimpinan Prabowo. Negara tersebut ingin pencak silat berlaga di olimpiade dan ingin dukungan terhadap pencak silat semakin bertambah karena dunia kagum dengan seni bela diri warisan nenek moyang bangsa Indonesia ini.

Baca Juga: 7 Pemain Persija Ramai-Ramai Ganti Nomor Punggung, Ini Alasan Mereka

“Kami mendukung Pak Prabowo untuk dipilih kembali sebagai presiden Persilat. Kami percaya Pak Prabowo bisa membuat pencak silat semakin mendunia dan membawa visi misi pencak silat yang inklusif,” kata Datuk Wira Megat membacakan aspirasi berbagai federasi.

Sementara itu, Prabowo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan PERSILAT kembali memilihnya untuk melanjutkan tugas sebagai presiden Persilat.

Baca Juga: Bentrokan di Jogja, Tokoh Suporter Ini Merasa Miris dan Sampaikan Saran

“Anggota mengatakan saya belum selesaikan misi. Sebagai mantan prajurit saya harus selesaikan misi saya. Secara pribadi, saya juga belum puas dengan apa yang sudah saya capai meski memang mendapatkan dukungan untuk pencak silat ini cukup menantang,” ujar Prabowo yang juga Menteri Pertahanan RI itu.

Prabowo berkomitmen untuk melanjutkan tugas dan menyelesaikan misi ini sebaik mungkin agar pencak silat mendapatkan dukungan dari banyak negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya