SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). (Antara - Wahyu Putro A)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut bakal membangun pangkalan militer di Natuna. Dia juga mengatakan bakal membangun beberapa pangkalan militer lain di Indonesia timur.

Adapun beberapa pangkalan militer itu rencananya di bangun di kawasan Natuna, Kepulauan Riau, dan di wilayah Timur Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Tidak hanya di Natuna, kami mau bikin pangkalan di Indonesia timur dan beberapa tempat," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (9/1/2020), seperti dikutip dari Bisnis.com, Jumat (10/1/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Tetapi, Prabowo Subianto enggan menjelaskan di mana saja lokasi pasti pembangunan pangkalan militer tersebut.

"Ada di beberapa tempat strategis di seluruh Indonesia. Masak saya paparkan pertahanan untuk kalian semua," ujarnya.

Prabowo Subianto menyatakan tidak ada kata tawar-menawar soal kedaulatan. Namun, di sisi lain dia meminta hal ini tidak terus diungkit-ungkit.

"Kami katakan kedaulatan harga mati. Tapi kita jangan panas-panasin, ya. Jadi kalau wilayah teritorial itu kedaulatan itu 12 mil, lebih dari itu adalah ZEE [Zona Ekonomi Eksklusif]," ujar dia.

Wacana pembangunan pangkalan militer di Natuna muncul seiring masuknya kapal ikan dan kapal penjaga pantai milik China ke wilayah kedaulatan Indonesia tanpa izin. Pemerintah telah melayangkan nota protes ke China karena dianggap melanggar kedaulatan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya