SOLOPOS.COM - Candi Plaosan, salah satu daftar virtual tour di JOGJA360.net (Instagram/@candiplaosan)

Solopos.com, JOGJA— Sejak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga sekarang PPKM Level 4, bisnis nonesensial, termasuk di dalamnya adalah semua tempat  wisata ditutup sementara guna memutus penularan pandemi Covid-19.

Namun dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, rasa rindu untuk berlibur sedikit terobati dengan adanya wisata virtual. Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) sebagai provinsi dengan berlimpah daerah wisata menerapkan metode tersebut untuk mengobati rasa kangen warga yang ingin berlibur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip laman Instagram @jogjainfo, Rabu (4/8/2021), setidaknya ada 13 objek wisata yang bisa dijelajahi secara virtual. Ketigabelas obyek wisata tersebut dikemas lewat platform virtual tour yang bisa disaksikan melalui situs JOGJA360.net.

Baca Juga : Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Kriesdinar dan Raliyanto sebagai penggagas situs tersebut mengatakan bahwa media yang mereka kelola ini memperlihatkan peningkatan jumlah pengunjung secara virtual selama PPKM diberlakukan. Raliyanto mengatakan bahwa momen ini sangat pas karena bertepatan dengan tutupnya tempat wisata selama PPKM.

Namun demikian, di luar adanya penutupan objek wisata, virtual tour ini memang menawarkan pengalaman baru dalam berwisata atau sekadar menjelajahi objek wisata. Pengunjung hanya perlu mengaksesnya melalui komputer maupun gawai di manapun dan kapan pun dan oleh siapa pun dan virtual tour dapat dinikmati dengan hanya mengklik tombol-tombol yang  tersedia di layar.

Sejauh ini memang baru ada 13 objek wisata yang sudah dibuat. Namun baik Kriesdinar maupun Raliyanto memastikan bahwa jumlahnya akan bertambah. Mereka bahkan berambisi untuk menjadikan JOGJA360.net sebagai database virtual tour objek wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga : Tak Ada Tarif Tiket, Wisata Bantul Ini Terima Bayaran Seikhlasnya

Sebagaimana yang sudah diberitakan bahwa Presiden Joko Widodo pada hari enin (2/8/2021) memutuskan untuk melanjutkan PPKM Level 4 mulai dari tanggal 3-9 Agustus mendatang. PPKM Level 4 ini tidak menyeluruh diterapkan di Jawa dan Bali, hanya 23 Kota dan Kabupaten saja. Melansir Detik.com, seluruh daerah di DIY menerapkan PPKM Level 4.

Dengan diterapkannya PPKM Level 4 ini, maka semua sektor nonesensial, seperti kawasan wisata harus berhenti beroperasi sementara. Berikut ini daftar 13 obyek wisata yang bisa disaksikan melalui JOGJA360.net:

Gua Sentono, Berbah, Kabupaten Sleman

Candi Banyunibo, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Museum Sonobudoyo, Kota Yogyakarta

Museum Sandi, Kota Yogyakarta

Candi Plaosan, Kecamatan Prambanan

Candi Dawangsari, Kabupaten Sleman

Candi Barong, Kabupaten Sleman

Watu Gudig, Kabupaten Sleman

Candi Ijo, Kabupaten Sleman

Bukit Klangon, Kabupaten Sleman

Gua Jepang di Berbah

Teras Merapi, Kabupaten Sleman

Candi Sambisari, Kabupaten Sleman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya