SOLOPOS.COM - Ilustrasi penutupan akses selama PPKM Darurat. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menuai hasil di Jawa dan Bali. Hasil itu di antaranya PPKM telah menurunkan status 26 kabupaten/kota  dari PPKM level 4 menjadi level 3.

“PPKM 16 Agustus terdapat 26 kota kabupaten yang turun dari level 4 jadi 3 dan ini terus mengalami perbaikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (9/8/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menambahkan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker juga telah meningkat menjadi 82 persen. Selain itu, serbuan vaksinasi Covid-19 juga terus dimasifkan agar segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Baca Juga: Mal Akhirnya Boleh Buka saat PPKM Level 4, Ini Syarat bagi Pengunjung

“Kita hidup bertahun-tahun ke depan dengan masker ini untuk mencegah varian Delta,” imbuhnya.

Menurut Luhut, jumlah spesimen pengetesan Covid-19 juga telah tiga kali meningkat dari Mei lalu. Pemerintah juga akan terus memperbaiki sistem pencatatan tracing dengan aplikasi Silacak.

“Pencatatan masih ada dilakukan manual karena internet di desa dan kami perbaikan Silacak yang lebih adaktif,” tuturnya.

Baca Juga: Terdakwa Kasus Korupsi Bansos Juliari Minta Maaf kepada Jokowi dan Megawati

 

Kasus Menurun

Luhut Pandjaitan menyebut pelaksanaan PPKM Level 4, 3, dan 2, pada 2-9 Agustus 2021 terjadi penurunan kasus hingga 59,6% dari puncak kasus Covid-19 pada pertengahan Juli 2021.

“Menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan dari data yang didapat penurunan telah terjadi hingga 59,6 persen dari puncak kasus di 15 Juli 2021,” kata Luhut.

Hal ini menjadi pertimbangan pemerintah untuk memperpanjang penerapan PPKM. “Untuk itu atas arahan Presiden maka PPKM Level 4, 3, 2 di Jawa Bali akan perpanjangan sampai 16 Agustus 2021,” ujar Luhut.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Tahun Baru 1443 Hijriah, Menag: Mari Perkuat Spirit Hijrah

Meski begitu, Luhut menyebut, masih ada masalah dalam penanganan Covid-19 di wilayah Bali. Penurunan kasus dan perawatan RS juga terjadi di aglomerasi Jawa-Bali, kecuali masih ada masalah di Malang Raya dan Bali,” ujarnya.

Karena hal itu, Luhut menyebut, pemerintah akan melakukan intervensi di kedua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya