SOLOPOS.COM - Ilustrasi penutupan akses selama PPKM Darurat. (Antara)

Solopos.com, KLATEN — Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Klaten diperpanjang lagi dengan status level 4 hingga 30 Agustus. Padahal kasus positif Covid-19 aktif  terus melandai.

Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan positif Covid-19 aktif hingga sekarang sudah di bawah 1.000 kasus, yakni 500-an kasus. Sesuai perhitungan penentuan PPKM, mestinya Klaten sudah turun level.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Warga Joton Pro Jokowi Klaten Demo di Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja, Ini Tuntutannya

Pada sisi lain, Klaten saat ini masuk zona oranye atau risiko sedang penularan Covid-19. “Sesuai indikator, mestinya sudah turun level. Tapi kenyataannya, Klaten masih PPKM Level 4,” kata Ronny Roekmito kepada wartawan di kantornya, Selasa (24/8/2021).

Menurut Ronny, sesuai perhitungan penentuan PPKM 100/100.000, mestinya Klaten sudah level 3 karena kasus aktifnya jauh di bawah angka 1.300. Namun kenyataannya PPKM Klaten tetap diperpanjang dengan status level 4.

Baca Juga: Berkas Tak Lengkap, 30-An Warga Klaten Kena Tol Solo-Jogja Belum Terima Uang Ganti Rugi

Sinkronisasi Data

Ronny mengatakan penentuan PPKM dipengaruhi beberapa hal, antara lain perlunya ada sinkronisasi data di tingkat kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat. Faktor lainnya, yakni ketentuan aglomerasi.

“Jadi, data kasus Covid-19 Klaten ini sudah sinkron dengan provinsi. Tapi, data provinsi dengan pusat belum sinkron. Lalu, adanya konsep aglomerasi. Jika ada salah satu daerah Soloraya ada yang masih PPKM Level 4, semua daerah otomatis masih PPKM Level 4. Lantaran hal itulah, Klaten yang kasusnya sudah landai tetap saja di PPKM Level 4,” katanya mengenai PPKM level 4 Klaten yang diperpanjang.

Baca Juga: Pembayaran UGR Pembebasan Lahan Tol Solo-Jogja di Klaten Capai Rp800 Miliar

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jumlah kasus kumulatif Covid-19 Klaten mencapai 33.930 kasus pada Selasa (24/8/2021).

Dari angka tersebut, sebanyak 524 orang menjalani perawatan/isolasi, 30.631 orang sembuh,  dan 2.775 orang meninggal dunia. “Hari ini ada penambahan 64 kasus baru positif Covid-19, 87 pasien positif Covid-19 sembuh, dan 10 kasus kematian,” kata Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya