SOLOPOS.COM - Penyekatan yang mengganggu aktivitas masyarakat dengan alasan PPKM Darurat. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi mengumumkan PPKM Darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Jika nanti kasus positif mengalami penurunan hingga 25 Juli 2021, pada 26 Juli 2021 akan dilakukan pelonggaran bertahap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Epidemiolog UI, Tri Yunis Miko Wahyono menilai PPKM Darurat diperpanjang merupakan langkah yang tepat. Hal ini mengingat masih tingginya angka penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Baca Juga: PLN Amankan Pasokan Listrik untuk Rumah Sakit di Solo

Pada Selasa (20/7/2021), terdapat kenaikan kasus terkonfirmasi positif mencapai 38.325 dan kasus aktif mencapai 550.192, baik yang bergejala ringan, sedang, maupun berat. Di antara mereka ada yang menjalani isolasi mandiri, banyak juga yang harus menjalani perawatan intensif di berbagai rumah sakit.

Untuk bed occupancy rate (BOR) sudah mulai menurun, namun masih ada rumah sakit yang penuh, merawat pasien yang harus menjalani perawatan. “Yang sedang sakit banyak, kalau PPKM Darurat tidak dilanjutkan sama saja mengancam keselamatan dan keselamatan masyarakat,” tegas Tri Yunis dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Selasa (20/7/2021).

Baca Juga: Covid-19 Melonjak, Olimpiade Tokyo 2020 Bisa Dibatalkan Mendadak

Dia khawatir jika PPKM tidak diperpanjang, maka kasus baru juga tidak dapa dikendalikan. Tri Yunis juga tidak sependapat dengan anggapan yang menyebut
PPKM Darurat tidak efektif. Saat ini, menurutnya, yang terpenting adalah menyelamatkan masyarakat.

“Ini soal keselamatan nyawa manusia. Bukan waktunya mementingkan kepentingan sendiri-sendiri,” katanya.

Baca Juga:  Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Benar Menurut Islam, Jangan Asal!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya