SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pelajar Sekolah Dasar (SD) (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo telah menentukan jadwal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB sekolah negeri tahun ajaran 2022/2023 mulai Juni 2022 mendatang. Tepatnya, PPDB TK, SD, dan SMP negeri di Solo akan dimulai 20 Juni 2022.

Disdik telah melakukan sosialisasi terkait teknis, alur, dan aturan PPDB di satuan pendidikan pada 27 Mei 2022 melalui Zoom. Sementara untuk SMA/SMK, Disdik Provinsi Jateng telah menetapkan jadwal verifikasi berkas pendaftaran dan penerimaan token pada 15-18 Juni 2022 dan pendaftaran pada 29 Juni-1 Juli 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, sekolah swasta sudah mulai membuka PPDB untuk tahun ajaran 2022/2023 sejak tahun lalu. Misalnya Sekolah Dasar Information and Communication Technology (SDICT) Al Abidin, Banyuanyar, Banjarsari.

SDICT Al Abidin telah membuka gelombang pendaftaran sejak September 2021 dan akan berakhir pada Juni 2022. Gelombang pertama PPDB sekolah swasta di Solo ini diperuntukkan calon peserta didik (CPD) yang disebut dengan Pendataan Peminat Sekolah Gelombang Inden.

Ekspedisi Mudik 2024

Pendaftaran dilanjutkan dengan gelombang-gelombang berikutnya hingga Juni 2022. Masing-masing gelombang memiliki nama, periode, dan biaya pendidikan yang berbeda.

Baca Juga: PPDB SMP Solo Jalur Khusus Olahraga Sudah Dibuka, Cek Syarat Daftarnya

Pejabat Humas SDICT Al Abidin Solo, Elva, mengatakan sejauh ini sudah ada CPD yang mendaftar. Elva mengatakan masih ada yang mendaftar hingga gelombang terakhir atau reguler yang berlangsung April 2022 hingga Juni 2022.

“Memang enggak sebanyak tahun sebelumnya ya. Tapi antusiasme masyarakat bagus. Per hari ini masih banyak. Dibanding tahun lalu tapi enggak terlalu banyak,” jelas Elva saat ditemui Solopos.com, Senin (30/5/2022).

Inden

Dalam PPDB tahun ajaran 2022/2023 di sekolah swasta Solo itu disediakan empat rombongan belajar (rombel). Masing-masing rombel terdiri dari 28 siswa.

Baca Juga: Lengkap! Ini Daftar Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Solo

Sementara itu, SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Solo juga telah membuka gelombang pendaftaran sejak September 2021. Sama halnya dengan SDICT Al Abidin, penamaan gelombang menggunakan istilah inden.

SD Muhammadiyah PK Kota Barat telah mengunggah informasi PPDB tahun pelajaran 2022/2023 di laman resmi miliknya. Gelombang I pendaftaran dimulai September hingga Desember 2021. Gelombang II pendaftaran berlangsung Januari-Maret 2022 dan Gelombang III pada April hingga Juni 2022.

Pejabat Humas SD Muhammadiyah PK Kota Barat Solo, Muhamad Arifin, mengatakan PPDB akan terus dibuka selama kuota sekolah tersebut masih ada. “SD Muhammadiyah PK masih buka terus selama belum penuh kuotanya,” terang Arifin saat dihubungi Solopos.com, Minggu (29/5/2022) malam.

Baca Juga: PPDB SMAN/SMKN di Jateng Hanya Mampu Tampung 41% Lulusan SMP/MTS, Solo?

Sementara itu, Kasi Manajemen dan Peningkatan Mutu Disdik Solo, Abi Satoto, mengatakan sekolah-sekolah swasta punya manajemen PPDB masing-masing. Mereka cenderung menentukan jadwal PPDB sendiri.

“Tidak harus, tidak harus sesuai timeline. Tapi ya tidak jauh-jauh dari jadwal ini. Mereka ada jadwal tersendiri. Tetapi ketentuannya ya terus tidak sepanjang tahun membuka,” tutur Abi saat ditemui Solopos.com, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya