SOLOPOS.COM - Calon siswa sedang mengisi formulir pendaftaran secara langsung di salah satu sekolah di Kota Madiun, Selasa (15/6/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap I jenjang SD dan SMP negeri di Kota Madiun dimulai, Selasa (15/6/2021). Pendaftaran PPDB tahap I ini dilakukan secara online.

Tahap pertama ini, PPDB dibuka untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur prestasi hasil lomba (akademik/non-akademik), dan jalur prestasi nilai rapor. Pendaftaran PPDB online tahap pertama ini dibuka mulai tanggal 15 hingga 17 Juni 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Kurikulum Pembinaan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun, Slamet Hariyadi, mengatakan PPDB online tahap pertama ini hanya dibuka selama tiga hari. Dia mengklaim animo masyarakat yang mendaftar melalui jalur ini cukup tinggi.

Baca juga: Muncul Klaster Pernikahan, Satgas Covid-19 Madiun Kecolongan?

Dia menuturkan pada PPDB online tahap pertama ini untuk jenjang SD menyediakan kuota 15% pada jalur afirmasi dan 5% untuk jalur perpindahan tugas orang tua.

Sedangkan pilihan pada jalur penerimaan PPDB online tahap pertama jenjang SMP lebih bnayak. Yakni jalur afirmasi 15%, jalur peprindahan tugas orang tua/wali 5%, prestasi akademik 5%, prestasi non-akademik dalam zona 7%, prestasi non-akademik luar zona 3%, dan prestasi nilai rapor 15%.

“Jika kuota tersebut tidak terpenuhi, maka kuota akan dialihkan ke pendaftaran PPDB tahap kedua melalui jalur zonasi,” kata dia, Selasa.

Baca juga: Bang Yos Dikabarkan Wafat, Putri Sutiyoso Pastikan Itu Hoaks

Laman Resmi

Hariyadi mengimbau kepada calon siswa maupun orang tua siswa untuk memantau pendaftaran peserta didik baru. Yakni melalui laman resmi yang disediakan Dinas Pendidikan, website ppdb.madiunkota.go.id.

Panitia PPDB SMPN 4 Kota Madiun, Samuel Lucky Santosa, mengatakan pendaftaran siswa secara online telah dibuka di sekolahannya. Pada hari pertama hingga pukul 10.00 WIB, ada 85 calon siswa yang mendaftar di SMPN 4.

Baca juga: Brak! Eh Motornya Nangkring di Atap Mobil Seusai Tabrakan

Rinciannya, sebanyak 24 anak mendaftar melalui jalur afirmasi, 20 anak melalui jalur prestasi non-akadmeik, 40 anak mendaftar melalui jalur prestasi nilai rapor, dan satu anak dari jalur perpindahan tugas orang tua.

“Di SMPN 4, pagu yang disediakan untuk tahap I ada 134 kursi. Hasil ini belum final karena pendaftaran PPDB tahap I masoh dibuka hingga dua hari ke depan,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya