SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaksanaan PPDB Online (Dok/Solopos)

PPDB 2015 telah berakhir dan MPPS menilai proses PPDB di Solo rawan penyimpangan.

Solopos.com, SOLO – Masyarakat Peduli Pendidikan Surakarta (MPPS) menilai seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 Kota Solo masih rawan penyimpangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dikemukakan Koordinator MPPS, Adi Cahyaning Kristiyanto, ketika dihubungi melalui ponselnya, Senin (6/7/2015). Pihaknya mencatat ada sejumlah titik rawan, baik pra, selama, dan pasca-PPDB.

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak terpenuhinya kuota siswa di sejumlah sekolah yang mengikuti PPDB online juga menjadi sorotan.

“Dengan tidak terpenuhinya kuota ini dikhawatirkan akan terjadi penyalahgunaan oleh pihak-pihak tertentu,” ujar Adi.

Pada saat PPDB berlangsung, MPPS mencatat beberapa hal krusial. Pertama, tidak ada pengaturan terkait sisa kuota siswa gakin dan prestasi yang tidak diisi penuh.

Kedua, belum ada sistem informasi terpadu antar sekolah untuk mengantisipasi terjadinya kelebihan atau penumpukan pendaftar jalur gakin dan prestasi di sekolah tertentu.

Ketiga, mekanisme seleksi untuk jalur offline belum transparan. Keempat, masyarakat masih kesulitan untuk mengakses informasi terkait proses dan hasil PPDB di setiap sekolah, baik melalui jalur offline maupun online.

Pasca-PPDB pun, kata dia, tak luput dari sejumlah catatan. Pertama, terkait dengan maraknya pungutan dengan kedok sumbangan sekolah serta penjualan seragam sekolah. Kedua, terkait nasib dari anak-anak gakin yang belum mendapatkan sekolah.

Ketua Panitia PPDB 2015 Kota Solo, Aryo Widyandoko, mengakui beberapa poin permasalahan dalam pelaksanaan PPDB kali ini menjadi evaluasi bagi panitia untuk mengkaji kembali aturan yang ada dalam Pedoman Pelaksanaan PPDB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya