SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaksanaan PPDB Online (Dok/Solopos)

PPDB 2015 di Solo dilakukan secara online yang diikuti 23 SMA negeri/swasta.

Solopos.com, SOLO – Delapan SMA negeri dan 15 SMA swasta di Kota Solo menerapkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 online untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) yang dibuka Rabu-Jumat (17-19/6/2015).

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

PPDB tahun ini juga membuka kesempatan bagi lulusan sekolah menengah pertama (SMP)/MTs tahun lalu untuk ikut mendaftarkan diri ke sekolah yang dituju.

Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan PPDB 2015, pendaftar dari lulusan SMP/MTs tahun lalu menggunakan nilai ujian nasional (UN) tahun lalu. Bagi yang memiliki prestasi bisa ditambah dengan nilai piagam prestasi.

“Jumlah sekolah yang ikut PPDB online jenjang SMA kali ini ada 23 SMA, delapan SMA negeri dan sisanya SMA swasta,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Aryo Widyandoko, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (16/6/2015).

Aryo yang juga Ketua Panitia PPDB 2015 Kota Solo itu mengatakan mekanisme pendaftaran PPDB online secara umum tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Informasi seputar PPDB tersebut dapat diakses dan dipantau melalui www.ppdbsolo.net atau melalui layanan pesan singkat atau short message service (SMS) dengan nomor tujuan 085711030222.

Jenis yang dapat diakses meliputi informasi umum, daya tampung siswa sekolah, jumlah pendaftar, rentang nilai pendaftar, peringkat pendaftar, pilihan pendaftar, dan pengumuman hasil seleksi PPDB online.

“Untuk daya tampung masing-masing sekolah juga bisa dipantau. Khusus SMA negeri, daya tampung untuk masing-masing sekolah riil adalah setelah dikurangi jumlah siswa gakin [dari keluarga miskin] dengan persentase kuota total sebesar 20 persen dari daya tampung seluruhnya, dikurangi jumlah siswa berprestasi bidang olahraga, dan dikurangi jumlah siswa inklusi bagi sekolah inklusi yang sudah mendaftarkan diri secara offline sebelumnya,” terangnya.

Setiap calon siswa memiliki hak memilih empat sekolah untuk didaftar, yang terdiri atas dua SMA negeri dan dua SMA swasta.

Pendaftaran ditujukan pada sekolah pertama dengan formasi pilihan bebas. Komponen penentu peringkat bagi pendaftar untuk jenjang SMA ini adalah jumlah nilai UN murni SMP/MTs ditambah nilai piagam prestasi jika calon siswa tersebut memiliki piagam prestasi.

Terpisah, Sekretaris Panitia PPDB 2015 Kota Solo, Budi Setiono, menambahkan poin yang membedakan dengan PPDB tahun lalu yakni untuk peminatan bagi calon siswa.

Jika sebelumnya calon siswa langsung mendaftar dengan memilih minat atau jurusan pada saat pendaftaran PPDB online, kali ini peminatan dilakukan setelah calon siswa tersebut dinyatakan diterima di sekolah tujuan.

Budi menjelaskan mekanisme tersebut karena diberlakukannya dua kurikulum yang berbeda di sekolah saat ini, yaitu Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

“Tahun sebelumnya Kurikulum 2013 diterapkan untuk semua siswa SMA Kelas X, sedangkan tahun ajaran ini penerapan kedua kurikulum tersebut masing-masing diserahkan kepada pihak sekolah sesuai kesiapannya,” terang Budi.

SMA Peserta PPDB 2015 Online di Solo:
SMA Negeri
1. SMAN 1
2. SMAN 2
3. SMAN 3
4. SMAN 4
5. SMAN 5
6. SMAN 6
7. SMAN 7
8. SMAN 8

SMA Swasta
1. SMA Batik 1
2. SMA Batik 2
3. SMA Muhammadiyah 1
4. SMA Muhammadiyah 2
5. SMA Muhammadiyah 3
6. SMA Muhammadiyah 6
7. SMA Al Islam 1
8. SMA Islam Diponegoro
9. SMA Kristen 1
10. SMA Kristen 2
11. SMA Pangudi Luhur Santo Yosef
12. SMA Warga
13. SMA Widya Wacana
14. SMA Tunas Pembangunan (TP) 1
15. SMA Al Abidin Boarding School

Sumber: Wawancara Disdikpora Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya