SOLOPOS.COM - Bangunan yang diklaim sebagai hotel pertama di Solo. (Facebook/Solo Zaman Dulu)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda Hotel Slier diklaim sebagai hotel pertama yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah?

Berdasarkan informasi yang diunggah pengelola akun Facebook Solo Zaman Dulu, Hotel Slier termasuk dalam hotel mewah, konon katanya hanya bangsawan yang bisa menginap di hotel ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekarang Anda tak akan menemukan keberadaan Hotel Slier ini. Pasalnya, hotel yang dibangun pada 1800-an ini telah berubah menjadi Kantor Pos Pusat Solo dan kantor Bank Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Lokasi Titik Nol Kilometer Solo, Ada yang Tahu?

Namun, dalam unggahan pengguna akun Instagram @halimsantoso dan pengelola akun Instagram @explore.solo, terdapat foto sisa bangunan hotel pertama di Solo, berupa tangga berputar yang disebutkan berada di Kantor Pos Pusat Solo.

Tangga berputar di hotel pertama di Solo. (Instagram/@halimsantoso)

Dari nama besar Hotel Slier yang pernah dikatakan sebagai hotel termewah di Solo pada masa Hindia Belanda, kini hanya menjadi bagian dari Kantor Pos Solo. Sementara bekas bangunan kamar-kamarnya malah sudah diratakan dan diganti oleh bangunan kantor baru Bank Indonesia,” jelas pengguna akun Instagram @halimsantoso.

Terlihat tangga berputar tersebut dicat dasar berwarna hijau, sedangkan untuk pegangannya diwarnai kuning.

Baca Juga:  Potret Cantik Velline Chu, Artis VU yang Ditangkap karena Narkoba

Hotel Pertama di Solo, Saksi Sejarah Penculikan Sutan Syahrir

hotel pertama di Solo juga menjadi saksi bisu penculikan Sutan Syahrir, Perdana Menteri Indonesia kala itu. Akibat kejadian tersebut, Presiden Soekanro memberlakukan kondisi darurat perang.

Melalui siaran radio, pada 30 Juni 1946, Soekarno menegaskan penculikan terhadap Syahrir membahayakan persatuan bangsa. Pada malam harinya, Syahrir baru bisa dibebaskan,” tambah dia.

Baca Juga:  Tak Kalah Kece dengan Bendung Tirtonadi, Ini Spot Foto Lainnya di Solo

Potret Hotel Slier zaman dahulu. (Facebook/Solo Zaman Dulu)

Bahkan, disebutkan pengelola akun Facebook Solo Zaman Dulu, bangunan Hotel Slier pernah menjadi aksi pembakaran oleh pejuang Tanah Air untuk mempersempit ruang gerak Belanda di Solo.

Baca Juga:  Ini Dia Lokasi Titik Nol Kilometer Solo, Ada yang Tahu?

“Gedung de Javasche Bank Soerakarta menjadi salah satu tempat yang berhasil diduduki Belanda dalam agresi kedua pada 1948. Bahkan, bangunan Hotel Merdeka (Slier) yang kini menjadi bangunan gedung baru BI itu pernah menjadi sasaran aksi pembakaran oleh pejuang tanah air dalam rangka mempersempit ruang gerak Belanda di Solo,” ungkap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya