SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melihat koleksi fosil di Museum Purbakala Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Sabtu (9/10/2021). (ILUSTRASI)

Solopos.com, MAGELANG —Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) melalui Dewan Pimpinan Wilayah III Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan survei potensi desa sebagai bentuk program kerja wilayah yang diprakarsai Bidang Kepariwisataan Kabinet Adhinatha Wiyasa Pradaya.

Kegiatan survei yang dilaksanakan di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang tersebut diikuti langsung oleh HMPI wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kegiatan survei potensi desa yang merupakan salah satu rangkaian program kerja utama wilayah yaitu DPW III Mbangun Desa. Ini bertujuan sebagai pengabdian mahasiswa pariwisata untuk dapat berkontribusi dalam membantu pengembangan desa yang diawali dengan kegiatan survei yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2022 lalu,” ujar panitia dalam rilisnya, Senin (17/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Mahasiswa dari Stiepari Semarang, Stipram Yogyakarta, STP Ampta Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta selama melakukan survei dan melakukan kunjungan langsung ke lapangan. Mereka melihat secara langsung daya tarik wisata yang ada di Desa Kalirejo.

Tim Survei Potensi Desa menyatakan Desa Kalirejo telah memiliki potensi yang dapat menarik kunjungan wisatawan dan memerlukan branding sebagai langkah awal untuk mempromosikan Desa Kalirejo itu sendiri.  Diskusi dan kunjungan lapangan yang dilakukan, telah menghasilkan suatu komitmen antara HMPI dengan Desa Kalirejo.

Kedua pihak bersama-sama bersinergi dengan akademisi untuk dapat memberikan penyuluhan. Ada pula pelatihan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya