SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP Sragen mencopoti poster calon bupati Sragen, Pujono Elli Bayu Efendi, dan reklame lainnya di simpang empat Margoasri, Puro, Karangmalang, Sragen, Senin (12/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Poster bergambar Ketua DPD II Partai Golkar Sragen, Pujono Elli Bayu Efendi, sebagai calon bupati Sragen 2024-2029 bertebaran. Sebagian ada di wilayah Kecamatan Sragen, sebagian lainnya di Karangmalang dan Ngrampal.

Banyaknya poster calon Bupati Sragen itu membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen bergeming.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budhi Prasetya, mengaku baru tahu adanya poster Bayu calon Bupati Sragen baru saja saat ditanya wartawan, Senin (12/9/2022). Ia mengaku tak bisa menertibkan poster tersebut karena belum masuk masa kampanye.

Saat ini tahapan Pemilu 2024 baru masuk pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu. Lebih terperinci lagi tahap verifikasi administrasi.

“Terkait dengan poster Bayu calon bupati Sragen itu, Bawaslu belum bisa membuat keputusan apa pun. Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) belum ada, apalagi penetapan calon bupati, masih jauh. Tahapan pilkada 2024 dimulai pada November 2023 atau satu tahun sebelum pemungutan suara pilkada, yakni November 2024 mendatang,” jelas dia.

Baca Juga: Satpol PP Copoti Poster Bergambar Ketua Partai Golkar Sragen Bayu

Karena belum memasuki masa kampanye, pemasangan poster dengan mengklaim sebagai cabup tak melanggar aturan pilkada. Namun bisa jadi pemasangan itu melanggar peraturan lain seperti perda mengenai reklame dan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD II Partai Golkar Sragen, Sri Pambudi, mengaku tidak tahu siapa yang memasang poster-poster Bayu. Yang jelas, sambung dia, pemasangan poster tersebut bukan dilakukan Partai Golkar secara institusi. Meski demikian, Pambudi membenarkan partainya akan mengusung Bayu sebagai calon bupati Sragen 2024.

“Walaupun belum diputuskan secara resmi dalam keputusan partai lewat rapat pimpinan daerah, tetapi para kader Partai Golkar sudah bersepakat mencalonkan Mas Bayu dalam Pilkada 2024. Kesepakatan bulat itu ada dalam rapat-rapat biasa atau pertemuan-pertemuan,” jelas Pambudi yang juga anggota DPRD Sragen.

Baca Juga: Tak Lagi Malu-Malu, Sejumlah Partai & Tokoh Politik di Sragen Mulai Bermanuver

Dia menduga pihak yang memasang poster Bayu merupakan sukarelawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya