SOLOPOS.COM - Rapat koordinasi persiapan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospenas) Tingkat Nasional 2022 di Balai Kota Solo, Kamis (8/9/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLOKota Solo menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren atau Pospenas Tingkat Nasional 2022 yang berlangsung 23-27 November 2022. Stadion Manahan menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan Pospenas.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan Pospenas berlangsung November setelah Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Solo. Dia melakukan pertemuan dengan Panitia Kerja Tetap Nasional Pospenas di Bale Tawang Arum Kompleks Balai Kota Solo, Kamis (8/9/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Habis ini mengecek venue, memakai Manahan untuk opening dan closing ceremony, acarane gede,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Solo, Kamis.

Ditanya apakah Presiden bakal hadir pada pembukaan atau penutupan Pospenas 2022, Wali Kota Solo itu mengatakan belum tahu. Pospenas merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Agama.

Menurutnya, ada berbagai cabang olahraga dan cabang seni pada kompetisi itu, di antaranya atletik, hadrah, dan kaligrafi. Gibran mengaku tidak hafal berapa jumlah peserta namun paling jauh dari Aceh dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Siap-Siap! 3 Event Nasional Ini akan Datangkan Jutaan Orang ke Solo

Gibran mengatakan Pospenas 2022 kemungkinan mendatangkan puluhan ribu orang ke Kota Solo selama kegiatan berlangsung. “Peserta banyak, puluhan ribu mungkin ya, tapi ini akan didetailkan lagi,” jelasnya.

Selain Pospenas, lanjut Gibran, ada peresmian Masjid Sheikh Zayed di Gilingan serta Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada November 2022.

Sportivitas Santri

Berdasarkan rilis Pemkot Solo yang diterima Solopos.com, Pospenas merupakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren di tingkat nasional. Para santri berlomba mewakili pondok pesantren asalnya.

Baca Juga: Wah! Sederet Musisi Papan Atas bakal Meriahkan Muktamar Muhammadiyah di Solo

Pospenas diselenggarakan untuk memupuk dan meningkatkan rasa persatuan, persahabatan, dan persaudaraan antarsantri, meningkatkan minat olahraga dan seni bagi santri. Tujuannya meningkatkan kesehatan, kesegaran jasmani, dan rohani, mengembangkan kreativitas, membangun disiplin dan sportivitas santri.

Selanjutnya menunjang usaha pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga dan seni-budaya nasional, dan sebagai evaluasi dan tolak ukur keberhasilan pembinaan olahraga dan seni santriwan dan santriwati pondok pesantren.

Adapun tema dan subtema Pospenas 2022 di Solo adalah Santri Sehat, Cerdas, Mandiri, dan Toleran. Sedangkan subtema dari kegiatan ini, yaitu Santri Bugar, Kreatif, Sportif, Berprestasi dan Cinta Damai. 

Baca Juga: Hotel di Solo Penuh, Dipesan Jauh Hari oleh Penggembira Muktamar Muhammadiyah

“Saya senang Kota Solo dipercaya sebagai tuan rumah. Berkaca dari Asean Para Games dengan waktu yang mepet juga bisa berjalan lancar. Untuk masalah teknis bisa dikomunikasikan dengan dinas terkait, ” kata Gibran.

Ia pun meminta dinas agar mendukung agenda itu sesuai tupoksi masing-masing. “Kami doakan acara ini bisa berjalan dengan lancar. Kami bantu komunikasi juga dengan pihak pihak terkait, insyaallah aman,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya