SOLOPOS.COM - Penumpang di Terminal Tirtonadi menunggu di Pintu Timur, Sabtu (30/4/2022)(Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Posko Angkutan Lebaran 2022 di Terminal Tirtonadi Solo akan ditutup pada Selasa (10/5/2022) sore ini. Rencananya, penutupan akan dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“H+7 lebih Lebaran ini rencananya hari ini tuh terakhir penutupan posko Lebaran Tahun 2022. Mau ditutup sore ini rencana pukul 16.00 WIB langsung oleh Menteri Perhubungan,” jelas pegawai bagian Staf Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Ditio Buana Santono, saat ditemui Solopos.com, di Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (10/5/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditio mengatakan arus balik Lebaran di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo sudah landai pada Selasa (10/5/2022) pukul 09.00 WIB. “Sekarang ya ini adanya, sudah apa namanya udah sepi udah agak landai gitu,” jelas Ditio.

Kondisi itu terjadi seusai bus rombongan arus balik pemudik program mudik gratis diberangkatkan, Minggu (8/5/2022). Ditio mengatakan total ada 64 bus pemudik yang terdiri atas 34 unit bus program mudik gratis Kemenhub dan 30 bus dari program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta.

“Untuk suasana di sini sendiri mulai kemarin [Senin] itu sudah landai. Terakhir [ramai pemudik] itu Minggu. Pelepasan 64 armada mudik gratis,” imbuhnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Toko Oleh-Oleh di Solo Diserbu Pemudik

Saat ini, tambah Ditio, kedatangan penumpang sudah didominasi penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) termasuk dari Semarang dan Purwokerto. Sedangkan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) kebanyakan bus reguler dari Surabaya dan Yogyakarta. Kedatangan penumpang juga telah didominasi wisatawan saja.

Bus Malam

“Palingan wisatawan aja dari Jogja, Tawangmangu, rata-rata pada muncak gunung. Kalau mudik [dari Jakarta dan Bandung] udah enggak ada,” jelasnya. Ditio memperkirakan jumlah bus datang saat siang hari setelah masa angkutan Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo mencapai sekitar 25 bus.

Sedangkan jumlah penumpang datang sekitar 2.500 orang per hari. Di sisi lain,  keberangkatan bus dari Terminal Tirtonadi saat ini didominasi bus malam dengan tujuan akhir paling banyak luar Jawa Tengah bahkan luar Jawa seperti Sumatra.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kunjungi Terminal Tirtonadi Solo, Cek Posko Mudik Lebaran

“Untuk yang ke arah Sumatra itu kan menggunakan bus malam jadi berangkatnya dari sini malam. Banyak juga yang ke arah Surabaya tapi memang lebih banyaknya Sumatra,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Masjid Al Musafir yang menjadi salah satu tempat istirahat pemudik juga sudah tampak sepi pada Selasa siang. Setidaknya ada 12 orang saja yang duduk mau pun beribadah di masjid di tengah-tengah kompleks terminal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya