SOLOPOS.COM - Soumitra Chatterje. (India Today)

Solopos.com, SOLO — Artis kawakan asal India, Soumitra Chatterjee, meninggal dunia pada usia 85 tahun setelah sempat dinyatakan positif Covid-19. Dia meninggal pada Minggu (15/11/2020).

Melansir dari Hollywood Reporter, Senin (16/11/2020), putri Chatterjee, Poulami Bose, mengatakan ayahnya meninggal di rumah sakit di Kota Kolkata, Benggala Barat, India, tempat ayahnya dirawat sejak dinyatakan positif Covid-19 pada awal Oktober.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Chatterjee diketahui merupakan artis yang telah membintangi lebih dari 200 film layar lebar. Chatterjee memiliki karier dalam film berbahasa Bengali selama enam dekade. Ia terkenal karena film yang disutradarai Ray.

Ekspedisi Mudik 2024

Astaghfirullah! Kasus Covid-19 di Klaten Tambah 54 Sehari, 1 Meninggal

Film Chatterjee bersama Ray yang mendapatkan pengakuan secara global antara lain Apur Sansar, Charulata, Aranyer Din Ratri, Ghare Baire, dan Ganashatru. Dari laporan Telegraph India, Chatterjee masih membintangi 14 film layar yang disutradarai Ray.

Terlepas dari popularitasnya yang luar biasa di perfilman berbahasa Bengali, ia sempat berada di dunia perfilman Bollywood. Namun, ia memilih menjauh dari Bollywood. Bagi rakyat Bengali, artis India yang meninggal setelah positif Covid-19 itu adalah ikon budaya dan bintang yang tidak terlupakan.

“Bioskop Internasional, India, dan Bengali telah kehilangan [bintang] raksasa. Kami akan sangat merindukannya. Dunia film di Bengal telah menjadi yatim piatu,” tulis Menteri Benggala Barat, Mamata Banerjee, di Twitter.

Innalillahi! Wakil Direktur Umum Rumah Sakit Swasta di Sragen Meninggal Positif Covid-19

Pada 2012, Chatterjee dianugerahi Penghargaan Dada Saheb Phalke, penghargaan tertinggi di perfilman India. Pada 2017, ia menjadi tokoh film pertama di India yang dianugerahi Ordre des Arts et des Letters, penghargaan tertinggi di Prancis untuk artis berpengaruh.

Sebelum memulai karier filmnya pada 1959, Chatterjee bekerja sebagai penyiar radio di All India Radio di Kolkata. Dia juga seorang penulis drama dan penyair ulung.
Dalam wawancaranya tahun 2016, Chatterjee menunjukkan semangatnya di usia tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya