Positif Covid-19, 72 Siswa SMA Negeri 2 Cilacap Batal Jumpa Jokowi

Puluhan siswa SMA Negeri 2 Cilacap terpapar Covid-19 sebelum sekolahnya dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Positif Covid-19, 72 Siswa SMA Negeri 2 Cilacap Batal Jumpa Jokowi
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, CILACAP — Sebanyak 72 siswa dan seorang guru SMA Negeri 2 Cilacap dinyatakan terpapar Covid-19 sebelum sekolahnya dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka dinyatakan positif Covid-19 saat melakukan tes swab massal untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi yang memantau jalannya vaksinasi di SMA Negeri 2 Cilacap, Kamis (23/9/2021).

“72 orang siswa di SMA Negeri 2 Cilacap dan satu guru yang terpapar Covid-19. Mereka yang terpapar Covid-19 tidak mengikuti kegiatan vaksinasi massal [saat kunjungan Jokowi],” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap, M Wijaya, dikutip dari Detik.com, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Kunjungi Madiun, Ini Serangkaian Agenda Jokowi di Kota Pesilat

Wijaya menjelaskan sebelum kunjungan Jokowi, dilakukan pemeriksaan swab oleh tim Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap terhadap 250 orang yang terdiri dari guru dan siswa, Rabu (22/9/2021). Hasilnya, ada 73 orang yang dinyatakan terpapar virus corona.

Rata-rata yang terpapar berstatus orang tanpa gejala (OTG). Selain itu, siswa dan guru itu terpapar Covid-19 bukan dari klaster pendidikan karena SMA Negeri 2 Cilacap belum melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Jadi siswa yang terpapar sudah terkonfirmasi Covid-19 sebelum dilakukan pembelajaran tatap muka,” jelas Wijaya.

Wijaya menambahkan siswa dan guru SMA Negeri 2 Cilacap yang terpapar Covid-19 itu pun saat ini sudah melakukan isolasi. Sebagian melakukan isolasi secara terpusat, dan sebagian lagi melakukan isolasi secara mandiri.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Cilacap, Presiden Jokowi Ingatkan Warga Taat Prokes

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap, Pramesti Griana Dewi, mengatakan saat ini sebagian dari siswa SMA Negeri 2 Cilacap yang menjalani isolasi terpusat maupun mandiri telah dinyatakan sembuh.

“Sebagian besar sudah negatif, ada 42 yang negatif, OTG semuanya,” kata Pramesti.

Presiden Jokowi sebelumnya memang melakukan kunjungan kerja di Cilacap pada 23 September 2021. Salah satu agenda kunjungan Presiden Jokowi itu adalah meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk siswa-siswi SMA Negeri 2 Cilacap.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago