SOLOPOS.COM - Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan golnya ke gawang Swedia dalam laga playoff Piala Dunia 2014 di Luz Stadium, Sabtu (16/11/2013) dini hari WIB. JIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LISBON – Portugal membuka peluangnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014, setelah mampu mengungguli Swedia 1-0 dalam laga leg pertama playoff Zona Eropa di Luz Stadium, Sabtu (16/11/2013) dini hari WIB. Kemenangan Seleccao das Quinas, julukan Portugal, tercipta berkat tandukan pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo, di menit ke-82.

Hasil ini membuat Portugal berada di atas angin. CR7, julukan Ronaldo, dkk. hanya tinggal membutuhkan hasil seri saat tampil di kandang Swedia, Rabu (20/11/2013) dini hari WIB, guna memuluskan langkahnya ke Brazil 2014.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jalannya pertandingan

Bentrokan antara Portugal dan Swedia, yang disiarkan secara langsung oleh SCTV mulai pukul 02.30 WIB itu, berlangsung dalam tempo cepat. Baik Portugal maupun Swedia memperagakan skema serangan yang berbahaya. Portugal, yang menyandang status sebagai tuan rumah, mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

Seleccao das Quinas, julukan Portugal, mendapat dua kesempatan emas di awal laga lewat pergerakan Joao Moutinho. Pertama melalui umpan crossingnya, yang gagal dimanfaatkan Helder Postiga maupun Cristiano Ronaldo dan kedua lewat sepakan, yang memanfaatkan umpan terobosan Raul Meireles, yang masih menyampin dari mistar gawang Swedia.

Di sisi lain, Swedia tak tinggal diam. Zlatan Ibrahimovic cs. memberi respon balik lewat Elmander. Namun, sepakan Elmander, yang memanfaatkan umpan crossing Lustig masih melenceng tipis dari mistar gawang Portugal, yang dijaga Rui Patricio.

Sepanjang 45 menit babak pertama, tempo tinggi diperagakan kedua belah kubu. Namun, secara ball possession, Portugal, yang menerapkan skema 4-3-3, lebih dominan dibanding Swedia.

Skema serangan cepat dengan memanfaatkan umpan-umpan pendek yang diperagakan Portugal  cukup membuat kubu tim tamu kewalahan. Namun, Swedia juga acap membahayakan pertahanan Portugal, melalui counter attack.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang mampu diciptakan kedua belah kubu. Baik Ibrahimovic maupun Ronaldo, yang menjadi sorotan karena penampilan impresifnya di level klub, belum banyak memberikan perubahan bagi timnya. Skor kacamata 0-0 pun menjadi hasil yang adil bagi kedua belah kubu hingga turun minum.

Memasukki babak kedua, Portugal kembali membombardir pertahanan Swedia. Namun, kali ini intensitas Portugal jauh lebih tinggi dan seakan tak memberi kesempatan lawannya mengembangkan permainan.

Namun, kendati menerapkan determinasi tinggi, Portugal tak kunjung mampu menjeploskan gol. Skema serangan yang monoton, selalu memanfaatkan, serangan crossing, berulang kali mampu digagalkan barisan pertahanan Swedia.

Namun, kebuntuan Portugal akhirnya terpecahkan. Tepatnya di menit ke-82,CR7 menjebol gawang Swedia lewat tandukannya setelah memanfaatkan umpan crossing Miguel Veloso dari sebelah kiri.

Unggul 1-0, Portugal meningkatkan serangannya. Namun, hingga laga usai tak ada tambahan gol tercipta.

Susunan pemain

PORTUGAL (4-3-3)

Rui Patricio; Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao, Joao Pereira; Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raul Meireles (Josue 78’); Nani, Ronaldo (c), Helder Postiga (Hugo Almeida 65’)

SWEDIA (4-4-2)

Isaksson; Per Nilsson, Antonsson, Lustig, M. Olsson; Elm (Wareblooma 71’), Kallstrom, Kacaniklic, Larsson; Ibrahimovic (c), Elmander (Gerndt 87’)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya