SOLOPOS.COM - Pepe, Fabio Coentrao, Joao Moutinho and Helder Postiga (kiri ke kanan) merayakan gol setelah Almeida mencetak gol di gawang Azerbaijan dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 di Tofiq Bahramoy Stadium, Rabu (27/3/2013) dinihari WIB. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Pepe, Fabio Coentrao, Joao Moutinho and Helder Postiga (kiri ke kanan) merayakan gol setelah Almeida mencetak gol di gawang Azerbaijan dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 di Tofiq Bahramoy Stadium, Rabu (27/3/2013) dinihari WIB. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

BAKU — Portugal meraih angka penuh setelah menekuk Azerbaijan 2-0 dalam kualifikasi Piala Dunia 2014, Rabu (27/3/2013) dinihari WIB. Kemenangan itu diraih meski tanpa Christiano Ronaldo dan Azerbaijan yang bermain hanya dengan 10 pemain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bermain di Stadion Tofik Bakhramov, Portugal sempat kesulitan di babak pertama, akhirnya A Seleccao mencetak dua gol setelah Azerbaijan harus bermain dengan sepuluh orang di babak kedua.

Tanpa Ronaldo, yang menjalani hukuman akumulasi kartu, Portugal harus menunggu hingga menit ke-64 untuk mendapatkan gol dari Bruno Alves. Hugo Almeida kemudian menggenapi skor menjadi 2-0 sepuluh menit jelang bubaran.

Kemenangan ini membawa Portugal sementara naik ke peringkat dua klasemen Grup F dengan nilai 11 menggusur Israel. Israel sendiri baru akan bermain melawan Irlandia Utara setelah Azerbaijan dan Portugal usai.

Keberhasilan meraih tiga angka juga mengakhiri rekor buruk tim asuhan Paulo Bento yang belum berhasil menang dalam lima pertandingan terakhir di berbagai ajang. Rekor mereka adalah seri tiga kali dan kalah dua kali.

Menariknya, terakhir kali Portugal menang adalah saat melawan Azerbaijan di Estadio Da Luz, Lisbon. Saat itu Portugal menang 3-0 lewat gol-gol Varela, Postiga, dan Bruno Alves.

Pada jalannya pertandingan, Portugal mendapatkan peluang pertama lewat tendangan keras dari luar kotak penalti Helder Postiga di menit 16. Namun tendangannya masih bisa diantisipasi oleh kiper Kamran Agayev.

Helder Postiga kembali mengancam gawang tuan rumah di menit 28, saat menerima umpan silang mendatar dari Vieirinha tepat di muka gawang. Tapi kapten Azerbaijan, Rashad Sadygov melakukan tekel di waktu tepat dan mencegah terjadinya gol.

Menit ke-31 Portugal mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti, Miguel Veloso bertindak sebagai eksekutor. Sial bagi Portugal, bola masih menyamping sisi kiri gawang Agayev.

Tim tamu terus menekan, lagi-lagi lewat tendangan bebas. Kali ini Bruno Alves di menit 39 yang hanya mengenai mistar gawang Azerbaijan.

Postiga mendapatkan peluang emas di masa perpanjangan waktu babak pertama. Lolos dari penjagaan bek, striker Real Zaragoza itu menyundul bola tendangan volley Meireles. Agayev kembali menjadi penyelamat.

Susunan Pemain

Azerbaijan: Agayev, Ramaldanov, Shukurov, Mammadov (Fardjad-Azad 69), Aliyev, Sadygov, Abisov, Hüseynov, Nadirov (Levin 62), Medvedev, Ismayilov.

Portugal: Patrício, Joao Pereira, Pepe, Bruno Alves, Coentrão, Meireles (Almeida 58), Veloso, Moutinho, Vieirinha, Postiga (Custodio 82), Danny (Varela 73).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya