SOLOPOS.COM - Salah satu atlet de Christo Equine Park, Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah beserta kuda tunggannya melewati rintangan saat berlatih, Kamis (12/5/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Klaten menargetkan bisa meraih lima emas pada cabang olahraga berkuda di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) 2023. Potensi atlet berkuda di Kabupaten Bersinar dinilai cukup banyak dengan bermunculannya klub berkuda.

Ketua Pordasi Klaten, Agung Dwi Riyanto, menjelaskan Porprov 2023 menjadi tantangan terdekat setelah pengurus Pordasi periode 2022-2026 dilantik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Harapan kami dengan terbentuk pengurus pembinaan atlet semakin baik sehingga ketika Proprov nanti bisa menyumbang emas untuk Klaten,” kata Agung kepada Solopos.com, Senin (16/5/2022).

Agung menjelaskan potensi atlet berkuda di Klaten cukup besar. Selain itu, pada Porprov mendatang ada lebih dari 20 medali yang diperebutkan pada cabang olahraga berkuda.

Terkait potensi atlet di Klaten, Agung mengatakan atlet berkuda terutama pada nomor equiestrian dan horseback archery. Setidaknya ada lima stable berkuda di Klaten dan memiliki atlet yang sudah mengeyam pengalaman serta berprestasi pada berbagai ajang kejuaraan hingga tingkat nasional.

Baca Juga: Dulu Penuh Sampah, Lahan di Mojayan Klaten Kini Jadi Tempat Berkuda

“Klub di Klaten seperti de Christo dan DHL [Ditya Horse Land] memiliki banyak atlet karena merupakan stable sekolah berkuda. Ada juga Kusuma serta Kampus Berkuda Klaten,” jelas Agung.

Sekretaris Pordasi Jawa Tengah (Jateng), Cristanti Christiana, mengatakan Klaten berpeluang meraih medali dari cabang berkuda pada Porprov 2023. Hal itu tak lain sudah banyak atlet berkuda asal Klaten yang mampu unjuk gigi pada berbagai ajang berkuda tingkat provinsi maupun nasional. Pada Porprov 2023 ada 24 medali yang diperebutkan.

“Paling tidak Klaten bisa meraih dua atau tiga medali emas di Porprov mendatang karena potensi atlet Klaten sangat bagus,” kata dia saat ditemui seusai pelantikan pengurus Pordasi Klaten periode 2022-2026 di de Christo Equine Park, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Kunjungan Wisatawan dengan Pacuan Kuda Piala Raja

Hal senada disampaikan Ketua Umum KONI Klaten, Parwanto. Dia menjelaskan sudah banyak medali pada berbagai kejuaraan tingkat nasional yang diraih atlet berkuda asal Kabupaten Bersinar.

“KONI berharap Pordasi bisa menyumbangkan medali bagi kontingen Klaten di Porprov 2023,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya