SOLOPOS.COM - Sejumlah pesilat andalan Jateng menggenjot latihan di Padepokan Pencak Silat Jateng, di Kartasura, Sukoharjo, Jumat (27/4/2012). (Hanifah Kusumastuti/JIBI/SOLOPOS)

Sejumlah pesilat Jateng menggenjot latihan di Padepokan Pencak Silat Jateng, di Kartasura, Sukoharjo, Jumat (27/4/2012). (Hanifah Kusumastuti/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Menjelang digulirkannya Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau yang resmi dibuka pada Selasa (11/9/2012), tim pencak silat Jawa Tengah fokus menjaga mood agar tetap berada dalam kondisi moral tinggi saat bertanding.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim pencak silat Jateng dijadwalkan berangkat ke Pekanbaru pada Sabtu (8/9/2012) malam. Cabang pencak silat mulai dipertandingkan pada Rabu (12/9/2012) di GOR Bangkinang, Kampar, Riau. Sebanyak 20 medali emas, 20 perak dan 40 perunggu akan diperebutkan di cabang ini.

Pelatih kepala tim pencak silat Jateng, Indro Catur, mengatakan saat ini skuatnya dalam kondisi siap tempur. “Semua atlet sudah siap bertanding. Saat ini kami hanya menjaga suasana hati para atlet agar rileks tapi tetap fokus. Menjaga mood atlet sangat penting agar mereka dalam kondisi bagus [fisik maupun psikologis] saat bertanding,” ujar Indro kepada Solopos.com, Jumat (7/9/2012).

Indro membeberkan masalah psikologis biasanya sering menjangkiti para atlet menjelang pertandingan. Menurutnya, ada atlet yang merasa tegang dan ada juga yang justru merasa terlalu bersemangat saat menjelang pertandingan. Situasi seperti itu harus diwaspadai agar nantinya tidak mengganggu atlet saat berlaga.

“Menjelang pertandingannseperti saat ini tim pelatih mencoba membuat atlet yang tegang menjadi rileks. Begitupun dengan atlet yang terlalu bersemangat dijaga agar tetap tenang agar nantinya bisa maksimal saat bertanding,” sebut Indro.

Pada PON 2012, pencak silat Jateng menurunkan 14 atlet plus Dian Kristanto yang sampai saat ini belum jelas apakah bisa diturunkan dengan status perlakuan khusus. Pasalnya, Dian tidak mengikuti kualifikasi PON karena cedera setelah menyumbang emas di kelas A SEA Games 2011. “Kami masih menunggu kepastian mengenai Dian. Tapi yang pasti Dian tetap kami ikutkan dalam tim,” jelas Indro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya