SOLOPOS.COM - Paulus Haryoto

PON 2016 diikuti sejumlah atlet Solo.

Solopos.com, SOLO — Bonus bagi atlet Solo peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat (Jabar) belum cair. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dikabarkan belum memastikan nominal bonus yang diberikan pada atlet berprestasi. Di sisi lain, tali asih dari Pemkot Solo juga masih menunggu proses pencairan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah atlet Kota Bengawan meraih prestasi gemilang dengan menyumbangkan medali emas seperti Sapto Purnomo (pencak silat kategori Tanding Kelas D : + 60 Kg s/d 65 Kg Putra) dan Felicia Angelica (renang kategori 200 meter gaya dada). Felicia juga meraih medali perak pada kategori 50 meter gaya dada.

Medali perak lain disumbangkan taekwondoin Muhammad Hafiz yang turun di kelas poomsae beregu putra dan Vonny Dian Permatasari di kelas kyurugi 62 kg. Adapun Ade Kumarasandi meraih perunggu di kelas kyurugi 87 kg. Selain itu ada sejumlah atlet Solo lain yang meraih medali.

Komisi IV DPRD Solo yang membidangi masalah olahraga beberapa waktu berkoordinasi dengan Pemprov Jateng ihwal bonus para atlet. Namun legislator belum mendapat jawaban yang memuaskan. Menurut Wakil Ketua Komisi IV, Paulus Haryoto, Pemprov belum memutuskan nominal bonus yang bakal dikucurkan.

“Bonusnya sudah disiapkan, cuma nominal dan kapan pencairannya belum jelas,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (4/10/2016).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pada PON XVIII 2012 Pemprov menggelontor bonus Rp150 juta untuk peraih medali emas, Rp50 juta perak dan Rp20 juta perunggu. Sedangkan nominal bonus untuk nomor beregu disesuaikan jumlah atletnya. Paulus belum tahu apakah bonus pada PON tahun ini nilainya sama atau lebih tinggi dibanding PON sebelumnya.

Hanya saja, Pemprov pernah mewacanakan bonus senilai Rp200 juta bagi peraih medali emas. “Daerah hanya bisa menunggu,” kata dia.

Lebih jauh, Paulus memastikan tali asih dari Pemkot juga sudah disiapkan bagi atlet berprestasi. Pemkot mengalokasi Rp5 juta untuk peraih medali emas, Rp3 juta medali perak dan Rp2 juta medali perunggu. “Dana ada. Lebih jelasnya bisa ke KONI Solo,” tutur Paulus.

Sementara itu, Ketua KONI Solo, Gatot Sugiartono, belum dapat dihubungi hingga Selasa sore. Sebelumnya Gatot mengatakan Pemkot bersama KONI bakal menyediakan tali asih untuk para peraih medali. Solo memberangkatkan 59 atlet yang tergabung dalam 17 cabang olahraga di PON Jabar. Dalam PON kemarin, KONI menargetkan atlet Solo meraih 27 medali emas, 17 medali perak dan tiga perunggu. Hingga kini KONI masih mendata raihan atlet Solo di PON Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya