SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2022 di Jakarta, Rabu (30/11/2022). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Solopos.com, JAKARTA–Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin naik signifikan.

Dalam survei tersebut terlihat adanya peningkatan angka yang cukup signifikan menjelang akhir tahun 2022 menjadi 73,2%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo–Ma’ruf Amin sempat mengalami fluktuasi, tetapi sepanjang 2022 relatif terus mengalami peningkatan,” mengutip dari Survei Nasional Proyeksi Ekonomi Politik Nasional: Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022, Jumat (9/12/2022).

Dalam temuan survei Poltracking, terlihat angka peningkatan terjadi sejak Agustus 2022. Pada hasil survei Mei, tingkat kepuasan terhadap Jokowi-Ma’ruf hanya 59,6%, lalu pada Agustus naik menjadi 66,2%.

Baca Juga: Calon Presiden Elektabilitas atau Calon Presiden Otoritas

Terakhir, per November kembali meroket ke angka 73,2%. Secara kuantitatif, salah satu indikasi naiknya angka kepuasan tersebut adalah kepuasan di bidang pendidikan sebesar 78,5% dan bidang kesehatan 77,9% yang mendapatkan kepuasan tertinggi.

Kemudian, kepuasan sosial budaya berada di angka 73,7%, pertahanan dan keamanan 73,1%, serta bidang politik dan stabilitas nasional 70,3%.

“Namun demikian, kepuasan pada bidang ekonomi [64,5%] dan penegakan hukum [62,9%] adalah yang terendah,” bunyi laporan hasil survei tersebut.

Baca Juga; Gencar Sosialisasi, Partai Demokrat Sragen Target Raih 10 Kursi DPRD

Selanjutnya, faktor lain yang menyebabkan kenaikan kepuasan publik yakni karena Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan pemerintah untuk menekan dampak ekonomi akibat kenaikan harga BBM.

“Sebanyak [28,9%] publik menyatakan BLT merupakan program yang paling dirasakan manfaatnya,” tulis Poltracking dalam laporan yang sama.

Adapun, survei Poltracking Indonesia dilakukan pada periode 21-27 November 2022 dengan jumlah responden 1.220 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan tingkat kesalahan (margin of error) +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Survei Poltracking: Kepuasan Terhadap Pemerintah Jokowi Meroket, Capai 73 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya