SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meninjau pelaksanaan vaksinasi di Polkesta, Mojosongo, Solo, pada Rabu (15/9/2021). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Surakarta di Mojosongo menjadi sentra vaksinasi Covid-19 yang tak hanya melayani warga Solo tapi juga warga dengan KTP luar Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meninjau sentra vaksinasi tersebut sekaligus meresmikan gedung pusat pembinaan mental spiritual civitas academica Polkesta, Rabu (15/9/2021) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran Rakabuming Raka, kepada wartawan mengatakan KTP selain Solo bisa mendapatkan vaksin Covid-19 di Poltekes Surakarta. Ia mempersilakan warga luar Solo yang bekerja di Solo untuk memperoleh vaksin di Polkesta.

Baca Juga: Soal Bansos Puan Maharani, Eko Josmart: Kami Tak Sumbang Apa Pun

“Tapi kuotanya masih terbatas, saya prioritaskan KTP Solo. Bertahap ya, sambil jalan. Kalau vaksin pelajar masih dikit tapi kami dorong terus. September harus sudah selesai,” kata putra Presiden Joko Widodo itu.

Ia mengapresiasi Poltekes Kemenkes di Mojosongo, Solo yang selalu aktif mendukung penanganan Covid-19 melalui percepatan vaksinasi. Gibran mendorong seluruh warga dapat segera vaksin jika belum memperoleh vaksin.

“Terima kasih Poltekes sudah mendukung terus. Warga sekitar bisa dapat vaksin di sini. Capaian sudah lebih dari 100 persen. Monggo bisa datang ke sentra vaksinasi, vaksin halal dan sehat,” katanya.

Baca Juga: PPKM Level 3 Solo, Tinggal Jalan Slamet Riyadi yang Ditutup Malam Hari

Pembinaan Mental Spiritual

Direktur Poltekes Kemenkes Surakarta, Satino, mengatakan Polkesta Solo berkontribusi secara aktif tanpa memandang domisili atau tempat tinggal sesuai KTP. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Poltekes Kemenkes, Mojosongo, Solo, telah dimulai pada 5 Juli 2021 lalu melibatkan tenaga kesehatan (nakes), pegawai, dan mahasiswa Polkesta.

“Sampai saat ini ada 9.450 dosis vaksin pertama dan 4.350 vaksin dosis kedua yang telah diberikan ke seluruh masyarakat Solo maupun luar Solo,” katanya.

Ia menyebut Poltekes turut mengirimkan pegawai dan mahasiswanya menjadi sukarelawan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. Ia berharap percepatan vaksinasi dapat membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga Covid-19 segera berlalu.

Baca Juga: Gibran Kagum dengan Kondisi Rutan Solo Meski Over Capacity Hingga 200%

Sementara itu, Poltekes menyiapkan para mahasiswanya memiliki hard skill dan soft skill. Bahkan, Polkesta memiliki gedung pembinaan mental spiritual yang diharapkan dapat meningkatkan sinergi pembinaan mental selaras dengan kompetensi lulusan.

“Kami memiliki sarana dan prasarana yang mendukung dan memadai. Pembinaan mental spiritual antara lain konsultasi bimbingan akademik, konseling oleh psikolog dan fungsi keagamaan,” kata Satino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya