SOLOPOS.COM - Ilustrasi secangkir kopi (Istimewa/wallsave.com)

Polsek Ngadirejo memiliki cara unik untuk melakukan pendekatan dengan warga.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG- Kepolisian Sektor Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah, melakukan terobosan dalam pendekatan, pendampingan, dan pembinaan masyarakat dengan diplomasi kopi baik pengenalan produk maupun penanaman untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kapolsek Ngadirejo AKP Marino di Temanggung, Kamis (3/12/2015), mengatakan dengan kopi pembinaan terhadap masyarakat di wilayahnya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani lebih mudah dan mengena.

“Selain bisa memberikan pemahaman dan pengertian tetang pentingnya keamanan lingkungan, masyarakat juga menjadi memahami menjaga kelestarian alam,” katanya.

Menurut dia keamanan lingkungan semakin terwujud jika tingkat perekonomian masyarakat meningkat. Melalui budi daya kopi masyarakat Kecamatan Ngadirejo mempunyai tambahan penghasilan.

Ia menuturkan selama ini masyarakat Kecamatan Ngadirejo, terutama yang tinggal di lereng Gunung Sindoro hanya mengandalkan tanaman tembakau dan hortikultura, tanaman kopi hanya sebagai tambahan saja.

Ia mengatakan atas dasar hal tersebut peluang untuk mengembangkan budi daya kopi masih cukup besar sehingga bisa menambah penghasilan mereka.

Selama kurang lebih satu tahun, katanya program pendekatan dan pembinaan terhadap masyarakat dengan metode tersebut telah berjalan dengan baik, sebagian petani telah merasakan manfaatnya.

“Masyarakat semakin semangat, saat ini masyarakat seperti di Desa Canggal, Katekan Jumprit, dan Purbosari menambah tanaman kopi di lahan pertaniannya,” katanya.

Ia mengatakan minimal sepekan sekali pihakya berkunjung ke masyarakat, jika selama ini masyarakat yang menjamu petugasnya, kali ini pihaknya yang menjamu masyarakat dengan produk kopi.

“Sekarang masyarakat sudah paham, ketika kami berkunjung mereka tidak repot-repot menjamu, kami sudah membawa produk kopi bubuk untuk dinikmati bersama,” katanya.

Ia menuturkan dengan minum kopi bersama intensitas pembicaraan tetang keamanan dan ketertiban semakin kental, masyarakat tidak canggung lagi menyampaikan apa yang menjadi keluhan masyarakat selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya