SOLOPOS.COM - Mantan Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Raymond Siagian menjalani sidang kode etik kategori berat dalam kaitan kasus pembunuhan Nofriyansah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Jumat (9/9/2022). (Youtube PolriTVSuara)

Solopos.com, JAKARTA — Polri menanggapi pernyataam Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, mengenai pendampingan hukum bagi AKBP Jerry Raymond Siagian jika dibutuhkan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan bahwa itu merupakan hak dari terperiksa atau Jerry jika dirinya menginginkan pendampingan hukum. “Itu hak terperiksa mendapat pendampingan,” ujar Dedi, Selasa (13/9/2022) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dedi juga mengatakan bahwa sidang kode etik yang dijalani AKBP Jerry Raymond Siagian sudah berjalan dengan mekanisme yang sesuai dan transparan. “Sidang kode etik Polri sudah berjalan sesuai mekanisme untuk tetap menjaga akuntabilitas, tranparan, dan adil,” tuturnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya diberitakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, mengatakan bantuan hukum akan diberikan Polda Metro Jaya jika sewaktu-waktu AKBP Jerry Raymond Siagian membutuhkan bantuan hukum dalam kasus yang dijalani saat ini.

“Polda Metro Jaya sebagai Polda dimana yang bersangkutan pernah berdinas walaupun sudah ada TR pemindahan menjadi Pamen Yanma Mabes Polri tetapi Polda Metro Jaya akan siap memberikan bantuan hukum manakala yang bersangkutan membutuhkan dalam proses selanjutnya,” tutur Zulpan, Senin (12/9/2022) malam.

Baca Juga : Polda Metro Jaya akan Dampingi AKBP Jerry, Pengamat: Perlawanan ke Mabes Polri

Zulpan mengatakan bahwa itu merupakan hak yang bersangkutan melakukan banding. “Adanya putusan [Pemberhentian Tidak Dengan Hormat] PTDH yang dijatuhkan kepada mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya saudara Jerry Siagian. Dalam hal ini sikap Polda Metro Jaya adalah mengembalikan kepada yang bersangkutan karena dalam putusan tersebut juga ada hak untuk menyampaikan banding dan sebagainya.”

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Polri Beri Jawaban Terkait Bantuan Hukum Polda Metro ke AKBP Jerry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya