SOLOPOS.COM - Warga berjalan di dekat mobil listrik yang akan digunakan personel Polri saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (29/10/2022). Ratusan unit kendaraan listrik yang akan digunakan polisi untuk pengamanan dan pengawalan selama KTT G20 itu mulai tiba di Bali. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.

Solopos.com, SOLO–Polresta Solo mendapatkan hibah dua unit mobil listrik patroli dan pengawalan (patwal) bekas kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Mobil listrik dengan tenaga elektrik murni itu mampu menempuh 300 kilometer.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan dua unit mobil listrik itu berasal Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Mobil listrik patwal itu bekas KTT G20 di Bali yang diberikan ke sejumlah daerah, termasuk Polresta Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mobil listrik patwal itu dalam tahap uji coba untuk memastikan kondisi mesin dan jarak tempuhnya. Mobil listrik itu sudah dua hari tiba di Solo dan diparkir di halaman Mapolresta Solo,” kata dia, Senin (28/11/2022).

Satlantas Polresta Solo mempersiapkan personel khusus untuk merawat mobil listrik patwal. Hal ini erat kaitannya dengan pengisian daya listrik baterai mobil listrik yang menggunakan alat charger. Alat tersebut dihubungkan ke soket seperti tutup tangki bahan bakar.

Terlebih, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Solo, masih minim.

Baca Juga: 262 Unit Mobil Listrik Ioniq 5 Eks G20 Bali Siap Dilego, Berminat?

“Di Solo, baru dua lokasi SPKLU untuk pengisian daya listrik mobil listrik. Jadi masih dalam tahap uji coba untuk mengukur jarak tempuh dan waktu daya baterai mobil listrik habis,” ujar dia.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso, mengatakan mobil listrik merek Hyundai itu diperkirakan mampu menempuh jarak sekitar 300 kilometer.

Dengan catatan, kondisi jalan datar dan tidak naik turun.

Mobil listrik itu bakal menambah kekuatan sarana dan prasarana (sarpras) mobil patwal di Polresta Solo.

Baca Juga: Nasib Ratusan Kendaraan Listrik Setelah KTT G20 Berakhir

“Kalau dipakai normal di kondisi jalan datar, mungkin bisa menempuh perjalanan sekitar 300 kilometer. Nanti masih uji coba dulu seperti apa kondisi di lapangan,” ujar dia.

Disinggung soal mobil listrik untuk patwal pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono, Agus menyampaikan mobil listrik itu bakal digunakan untuk patroli keliling di wilayah Kota Bengawan.

Sebelum digunakan harus terlebih dahulu diuji coba untuk mengetahui spesifikasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya