SOLOPOS.COM - Pendonoran darah di Polresta Banyumas. (Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO — Sejumlah anggota Polresta Banyumas yang merupakan penyintas Covid-19 siap jadi donor plasma konvalesen untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari infeksi virus corona.

Mengutip Antara, Kamis (24/6/2021), Ketua Panitia Donor Darah Hari Bhayangkara Ke-75 Polresta Banyumas, Kompol Sukarwan, mengatakan ada 20 anggota yang pernah terpapar itu yang bisa donor plasma konvalesen. “Namun mereka belum ada yang siap donor plasma konvalesen, menunggu dulu setidaknya satu pekan,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, anggota Polresta Banyumas yang penyintas Covid-19 itu karena mereka baru sembuh sekitar satu pekan. Karen itu donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan karena paling tidak butuh waktu dua pekan pascasembuh agar antibodinya terbentuk.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Varian Baru Covid-19 Diduga Sudah Masuk Banyumas

Dia mengharapkan donor plasma konvalesen yang akan dilakukan anggota Polresta Banyumas tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Terkait dengan donor darah, dia mengatakan kegiatan di Polresta Banyumas diikuti oleh 260 peserta yang terdiri atas anggota Polresta Banyumas, Brimob, dan TNI.

“Targetnya 260 kantong, tetapi di luar peserta itu ada yang datang, tetap akan kami layani,” kata dia yang juga Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polresta Banyumas.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Donor Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas, Muhammad Mulkhanasir, memberikan apresiasi kepada Polresta Banyumas yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75.

Baca Juga : Polresta Banyumas Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kebetulan kebutuhan darah biasa juga sedang cukup tinggi, 205 kantong per harinya untuk memenuhi kebutuhan darah warga Banyumas dan luar Banyumas. Dengan adanya donor darah di Polresta Banyumas bisa menambah stok aman di PMI Banyumas.

Karena saat pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) seperti yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni hingga 8 Juli 2021, animo masyarakat biasanya berkurang.

Terkait dengan donor plasma konvalesen, dia mengharapkan 20 anggota Polresta Banyumas yang penyintas Covid-19 itu nantinya bisa donor karena antrean donor plasma konvalesen saat sekarang mencapai 91 kantong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya