SOLOPOS.COM - Dua pekerja menggarap pagar besi yang digunakan sebagai pembatas di area pabrik PT Prima Paper Indonesia di Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI — Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Wonogiri tengah menyelidiki kasus kecelakaan kerja hingga menyebabkan satu pekerja, SIR,50, meninggal dunia di PT Prima Paper Indonesia (PPI), Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada Senin (3/10/2022).

Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Supardi, mengatakan sejauh ini polisi sudah memeriksa sedikitnya 4 orang sampai 5 orang dari PT PPI termasuk saksi-saksi saat kecelakaan kerja itu terjadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, saat ini polisi belum dapat menyimpulkan apakah kecelakaan kerja itu mengandung unsur pidana atau tidak.

“Sementara ini kami masih mendalami kasus ini. Yang jelas kami sudah meminta keterangan, terutama teman kerja korban. Kami belum bisa memastikan kasus kecelakaan kerja itu ada pelanggaran pidana atau tidak,” kata Supardi saat diwawancarai wartawan di Lapangan Sepakbola Pringgodani Wonogiri, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Terjadi Lagi! Karyawan PT Prima Paper Indonesia Wonogiri Meninggal saat Kerja

Dia melanjutkan selain saksi yang terdiri atas rekan kerja korban, Polres Wonogiri juga telah meminta keterangan dari manajemen PT PPI.

Pihak perusahaan yang diwakili salah satu human resource development (HRD) mendatangi Polres Wonogiri, Rabu. 

“Kalau keterangan saat diklarifikasi, dia [perwakilan PT PPI] mengaku sebagai HRD-nya. Kami dalami dulu lah, kejadiannya kan baru kemarin,” ujar dia.

Solopos.com bersama sejumlah wartawan sudah berusaha menemui pihak perusahaan pada Rabu di kantor PT PPI. Namun, hingga berita ini ditulis, pihak PT PPI belum dapat dimintai keterangan. 

Sebagaimana diketahui, Kecelakaan kerja terjadi di dalam pabrik milik PT Prima Paper Indonesia, Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Pascakecelakaan Kerja, Disnakertrans Jateng & Disnaker Wonogiri Datangi PT PPI

Akibatnya, seorang karyawan asal Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, SIR, 50, meninggal dunia.

Kecelakaan kerja di PT Prima Paper Indonesia tak hanya terjadi sekali. Pada 10 April 2022, kejadian serupa terjadi di perusahaan yang berlokasi di Desa Wonokerto tersebut.

Kala itu, warga Karanganyar, TCP, 24, meninggal dunia seusai hendak menyambung kertas putus ke mesin pembuat kertas. Sama seperti SIR, TCP terseret masuk ke mesin itu lalu ditemukan tak bernyawa di selokan bawah mesin.

“Dulu sebenarnya setelah kejadian pertama sudah dikasih pelindung. Biar aman. Tapi sekarang kejadian lagi. Kami akan menanyakan ke perusahaan dan melakukan evaluasi lagi. Tapi itu baru coba kami lakukan setelah urusan pemakaman korban sudah selesai,” kata Kepala Desa (Kades) Wonokerto, Suyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya